Tips Menghemat Kuota Internet yang Mudah dan Ampuh

Tips Menghemat Kuota Internet yang Mudah dan Ampuh

Menjadi salah satu kebutuhan primer saat ini, keberadaan kuota internet tentu saja menjadi sangat penting sekali. Tidak heran jika ada yang merasa kesal saat sedang asyik – asyiknya streaming atau live video tapi fail karena kuota internet habis. Kuota internet semakin besar pada dasarnya disebabkan karena kebutuhan data yang juga semakin besar. Itu sebab tips menghemat kuota internet berikut penting untuk Anda ketahui. Simak langkah – langkahnya di bawah ini.

Tips Menghemat Kuota Internet yang Mudah dan Ampuh

Tips Menghemat Kuota Internet yang Mudah dan Ampuh

Memilih Preload Untuk Konten Besar

Aplikasi streaming seperti YouTube biasanya menawarkan preload bagi penggunanya. Nah, agar Anda bisa menghemat kuota internet maka Anda harus banget menggunakan pilihan ini. Alasannya, preload aplikasi streaming terbaik tersebut hanya akan memproses ketika Anda terkoneksi dengan jaringan WiFi. Alhasil, kuota data internet murahmu pun akan terselamatkan.

Awasi Tab Data Usage

Sebenarnya ada banyak tips hemat kuota internet yang bisa dicoba, salah satunya adalah dengan mengawasi tab data usage. HP Android biasanya memiliki tab data usage yang berisikan informasi mengenai penggunaan data internet Anda.

Nah, melalui cara inilah Anda bisa dengan mudahnya memantau dan memikirkan kembali apabila ada aplikasi atau game yang jarang digunakan tetapi menyedot data internet Anda cukup banyak. Jika demikian, maka Anda bisa langsung menonaktifkan atau uninstall aplikasi tersebut.

Menggunakan Data Compression

Apabila Anda salah satu tipe orang yang sering browsing dan ternyata situs, atau website yang Anda kunjungi tersebut memiliki fitur tidak ramah dengan HP Anda, maka secara otomatis penggunaan data internet melonjak.

Ada beberapa browser yang menyediakan pilihan untuk data kompresi ini, seperti Opera dan Chrome. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu masuk ke menu Setting atau Pengaturan aplikasi tersebut, kemudian pilih saja Reduce Data Usage.

Mengurangi Push Notification

Jika Anda salah satu pengguna yang hobi install atau download aplikasi dan game terbaru, maka hal yang perlu Anda ingat adalah cek aplikasi atau game tersebut agar tidak melakukan push notification.

Perlu Anda tahu, bahwa tidak semua aplikasi atau game harus Anda batasi, silakan pilih beberapa saja yang Anda perlukan. Untuk HP Android, cara merubahnya mudah sekali Anda hanya perlu masuk ke menu Setting atau Pengaturan. Kemudian pilih opsi Application Manager – dan aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan.

Mematikan Fungsi Auto-Sync

Tiap aplikasi atau game pastinya akan melakukan syncing setiap ada perubahan yang Anda lakukan. Dengan mematikan atau menonaktifkan fungsi Auto-Sync, maka Anda bisa melakukan pengaturan aplikasi apa saja yang boleh melakukan Auto-Sync.

Lagi – lagi Anda tidak perlu memberikan akses pada aplikasi yang jarang Anda gunakan. Caranya, masuk ke menu Setting – Data Usage – Uncheck di bagian Auto-Sync.

Mematikan Data Selular Ketika Tidak Digunakan

Cara hemat paket data interet berikutnya adalah mematikan data selular saat tidak digunakan. Sebab, saat data selular dalam keadaan berjalan, maka akan ada banyak sekali background apps dan sistem yang tetap berjalan hingga akhirnya menggerus kuota atau paket data Anda.

Mematikan Fungsi Auto Aupdate Apps

Biasanya aplikasi akan meminta penggunanya untuk melakukan update atau upgrade sebanyak 2 kali dalam 1 bulan. Meskipun filenya tidak terlalu besar, tetapi apabila Anda memiliki aplikasi cukup banyak itu artinya Anda akan menghabiskan cukup banyak kuota internet untuk melakukan update aplikasi tersebut.

Untuk menghemat kuota internet Anda bisa mematikan fungsi ini. Silakan pilih beberapa aplikasi yang ingin Anda update.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips menghemat kuota internet yang mudah dan ampuh. Semoga bermanfaat.

Back to Top
This page needs javascript and browser cookies enabled !