Tips Mempercepat Koneksi WiFi di PC yang Mudah

Tips Mempercepat Koneksi WiFi di PC yang Mudah

Meskipun sambungan internet lewat jaringan nirkabel WiFi saat ini semakin luas dipergunakan, tapi sayangnya ada kalanya Anda mengalami masalah koneksi WiFi yang terasa melambat dari biasanya. Karena internet kini sudah menjadi kebutuhan pokok, jadi jangan biarkan masalah tersebut terus terjadi. Berikut ini adalah tips mempercepat koneksi WiFi di PC yang mudah bisa Anda coba praktekkan.

Tips Mempercepat Koneksi WiFi di PC yang Mudah

Tips Mempercepat Koneksi WiFi di PC yang Mudah

Beralih ke Kanal Wireless

Tips pertama adalah dengan beralih ke kanal wireless dengan pengguna yang lebih sedikit. Apabila Anda dan tetangga di sekeliling rumahmu menggunakan router WiFi, maka besar kemungkinan Anda menempati wireless channel yang padat, tentu saja yang demikian menyebabkan koneksi WiFi yang melambat. Salah satu cara mudah mengetahui apa koneksi WiFi Anda ada di kanal wireless yang padat, yakni dengan menggunakan aplikasi WiFi Stumbler.

Menggunakan Wireless Range Extender

Sering mendapati koneksi WiFi yang lambat dibeberapa lokasi rumah? Perlu diketahui, bahwa beberapa tempat yang terpencil dan terhalang banyaknya benda – benda kerap kali membuat sinyal WiFi sulit menggapai perangkat Anda. Untuk itu Anda butuh perangkat yang bernama Wireless Range Extender. Ini adalah peranti yang berfungsi untuk memperpanjang koneksi WiFi menuju lokasi Anda yang letaknya jauh dari router.

Menganalisis Kekuatan Sinyal WiFi dengan Aplikasi

Jika Anda ingin mendapatkan hasil akurat tentang koneksi WiFi yang lambat dan lemah dibeberapa tempat, maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang ada di Google Play. Salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan untuk analisis kekuatan sinyal WiFi adalah CloudCheck. Aplikasi tersebut akan membantu Anda mengecek sinyal WiFi dengan mudah hanya dari perangkat smartphone.

Meletakkan Router di Tempat Leluasa

Banyak cara mudah mempercepat koneksi WiFI yang bisa dicoba, salah satunya adalah dengan meletakkan router di tempat yang lebih leluasa. Banyak pengguna yang meletakkan router WiFinya di tempat terpojok, seperti di belakang TV, meja sudut, dan lain – lain. Tempat ideal untuk meletakkan router WiFi adalah di tengah ruangan, atau dibeberapa tempat yang tidak terhalang objek besar, seperti lemari atau tembok.

Mengarahkan Antena Router dengan Benar

Cara lain yang bisa dicoba agar mendapatkan koneksi WiFi yang lancar adalah dengan mengarahkan antena router dengan benar. Apabila Anda memiliki router WiFi yang memiliki dua buah antena yang berdiri tegak secara paralel, maka Anda bisa mencoba mengarahkan antena router tersebut secara perpendicular, atau berbentuk huruf “L”. Yakni, satu antena diarahkan tegak ke atas dan satunya lagi mengarah secara horizontal.

Perhatikan Teknologi WiFi yang Digunakan

Pada dasarnya semua jenis router WiFi dan PC bisa memancarkan, serta menangkap sinyal WiFi menggunakan bantuan adapter wireless yang kini tersedia dalam beberapa pilihan, diantaranya :

  • Wireless-B (802.11b) 1999 : 11 Mbps
  • Wireless-A (802.11a) 1999 : 54 Mbps
  • Wireless-G (802.11g) 2002 : 54 Mbps
  • Wireless-N (802.11n) 2007 : 72 – 600 Mbps
  • Wireless-AC (802.11ac) 2013 : 433 Mbps – 1.4 Gbps

Jika melihat tabel di atas, maka direkomendasikan untuk memilih router WiFi dan PC yang mendapat dukungan komponen WiFi minimal, dengan teknologi Wireless-N (802.11n), atau Anda juga bisa memilih yang terbaru, yakni Wireless-AC (802.11ac) yang digadang – gadang sebagai versi tercepat untuk saat ini.

Menggunakan WiFi Adapter

Tips mempercepat koneksi WiFi di PC yang terakhir adalah menggunakan WiFi adapter. Ini adalah cara mudah yang bisa Anda aplikasikan di PC atau laptop yang tidak memiliki adapter WiFi, maupun memiliki adapter WiFi yang yang sudah ketinggalan zaman. Pastikan Anda membeli WiFi adapter yang memiliki teknologi WiFi 802.11n atau 802.11ac untuk mendapatkan kecepatan maksimal.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips mempercepat koneksi WiFi di PC yang mudah. Semoga bermanfaat.

Back to Top
This page needs javascript and browser cookies enabled !