Tips dan Cara Investasi Saham Untuk Pemula Terbaru

Tertarik untuk memulai investasi Saham? Pemula, harus banget tahu cara investasi saham terbaru berikut ini!

Saham adalah salah satu jenis investasi yang aman dan menarik untuk dijalankan oleh pemula. Namun demikian, Saham juga termasuk instrumen yang high risk dan high return. Dimana resiko mendapatkan untung dan kerugiannya tidaklah jauh berbeda. Godaan keuntungan yang tinggi dalam bermain Saham kerap membuat orang kurang berhati – hati hingga akhirnya mendapatkan kegagalan dalam berinvestasi.

Penting untuk diketahui, bahwa tendensi turun dan naiknya nilai Saham bisa berubah – ubah, baik dalam hitungan hari atau bahkan dalam hitungan jam sekalipun. Untuk itu Anda perlu menerapkan strategi investasi Saham dengan baik.

Tips dan Cara Investasi Saham Untuk Pemula

Sebagai pemula, penting bagi Anda untuk mengetahui cara investasi Saham yang tepat sebelum akhirnya memutuskan untuk menanam Saham. Selain itu, pastikan pula Anda sudah bersedia mengambil resiko yang sepadan untuk keuntungan yang sepadan pula.

Bentuk investasi 2021 ini bisa dikatakan sebagai jenis investasi jangka panjang terbaik untuk pemula. Dalam menjalankan investasi Saham memang diperlukan keahlian dan analisa yang baik. Hal tersebut dilakukan agar bisa mendapatkan untung setinggi – tingginya. Nah, agar investasi Saham Anda dapat memberikan hasil yang memuaskan, mari simak langkah – langkahnya di bawah ini.

Memahami Apa Itu Investasi Saham?

Langkah awal cara investasi Saham terbaru untuk pemula adalah memahami apa itu Saham. Bermain Saham merupakan bentuk investasi dalam suatu bisnis. Saham juga akan menjadi bukti kepemilikan atas suatu perusahaan.

Dengan membeli dan bermain Saham, artinya Anda menjadi pemilik atau pemegang Saham dari perusahaan tersebut, serta menyerahkan pengelolaan perusahaan kepada manageemen profesional yang telah dipercaya dapat mengelola bisnis dengan baik untuk meningkatakan nilai perusahaan.

Pemahaman terkait dunia investasi Saham akan mempengaruhi cara Anda dalam melakukan investasi.

Pelajari Dasar – Dasar Investasi Saham

Selain itu, Anda juga perlu memperdalam pengetahuan tentang investasi Saham yang menguntungkan. Tanpa paham akan dasar – dasar investasi Saham, maka dapat menyebabkan Anda mengalami kerugian yang lebih besar lagi.

Jika pengetahuan yang Anda miliki masih sangat terbatas, jangan pernah ragu untuk membeli buku – buku untuk pemula yang ditulis oleh investor terkemuka. Paham akan dasar – dasar memulai investasi Saham akan memudahkan Anda mengambil langkah secara tepat dalam berbisnis Saham.

Mengamati Perkembangan Ekonomi

Pada dasarnya Saham merupakan sebuah produk investasi yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan ekonomi. Ketika ekonomi mengalami pertumbuhan dengan baik, maka itulah waktu yang paling tepat bagi para investor untuk memulai investasi. Begitu pun sebaliknya, saat pertumbuhan ekonomi sedang turun maka itu adalah waktu bagi Anda untuk keluar dari pasar, kecuali jika Anda memiliki jam terbang yang tinggi.

Oleh karenanya, Anda harus terus mengupdate berita – berita ekonomi setiap harinya. Ini juga akan bermanfaat sekali ketika ada perkembangan ekonomi yang terjadi secara signifikan.

Pelajari Kondisi Perusahaan

Cara investasi saham selanjutnya adalah mempelajari kondisi perusahaan yang akan dipilih. Disarankan agar Anda terlebih dulu melakukan monitoring pada berita – berita terkait perusahaan tersebut.

Tujuannya, untuk melihat dengan jelas kondisi perusahaan apakah perusahaan tersebut berkembang dengan sehat dan menuai keuntungan, atau justru sebaliknya. Dengan begitu Anda tidak akan rugi ketika akan memulai investasi Saham.

Melakukan Analisa Secara Mandiri

Ingat, Anda tidak disarankan untuk mengandalkan Saham yang dipilihkan oleh orang lain tanpa Anda melakukan analisa secara mandiri terkait kondisi pasar Saham terkini. Anda bisa melakukannya dengan cara analisa teknikal dan penilaian performa Saham guna memastikan Saham yang Anda beli apa sudah memenuhi kriteria dan akan meendukung pencapaian target Anda?

Alasannya, karena saham pilihan investor terkemuka biasanya hanya cocok untuk mereka, tetapi belum tentu cocok untuk Anda pilih. Dengan melakukan analisa secara mandiri, maka Anda akan lebih paham Saham Anda dan tempat dimana Anda berinvestasi. Sehingga Anda pun akan lebih berhati – hati lagi dalam mengelola Saham.

Belajar Menahan Diri

Ingat, apapun jenis investasi yang dipilih, tak terkecuali investasi Saham, Anda tidak disarankan untuk tergesa – gesa dalam berinvestasi. Sebab, peluang investasi bagi pemula adalah ketika Anda bisa menahan diri untuk mendapat hasil yang maksimal.

Strategi investasi tersebut digunakan ketika Anda memiliki Saham dan menyimpannya hingga waktu yang tepat untuk menjualnya. Ya, Anda bisa menyimpan Saham terlebih dulu dan menjualnya ketika Saham mengalami peningkatan harga. Diwaktu yang tepat, Saham bisa bernilai jauh lebih tinggi asalkan Anda bisa menahan diri.

Memilih Sekuritas dengan Biaya Transaksi Kecil

Ketika Anda memilih jenis investasi Saham, artinya Anda juga harus membuka rekening efek yang difasilitasi perusahaan sekuritas. Setelah itu, silakan top-up sejumlah dana ke rekening tersebut. dana inilah yang nanti akan berfungsi sebagai e-money dan bisa digunakan untuk membeli Saham secara online.

Lalu, biaya transaksi yang dimaksud di sini adalah biaya pembelian dan penjualan Saham. Biaya tersebut akan menjadi profit dari perusahaan broker terkait. Namun demikian, untuk mendapatkan untung yang lebih besar lagi Anda harus memilih perusahaan dengan biaya sekuritas paling murah.

Royal Boleh, Tapi Jangan Kebablasan!

Perlu Anda tahu, bahwa ada beberapa Saham yang dijual dengan harga Rp 50 per lembarnya. Khususnya untuk jenis investasi Saham sendiri Anda bisa membeli dalam satuan lot. Dimana dalamsatu lot terdapat 100 lembar saham. Jika Anda membeli satu lot saham dengan harga Rp 50 per lembar, artinya Anda hanya perlu membayar Rp 5.000,-.

Namun pastinya keuntungan yang didapatkan pun tidak akan besar jika investasi nilainya terlalu kecil. Jika Anda ingin mendapat untung yang lumayan, artinya Anda harus meembeli Saham dengan harga lebih mahal lagi dengan syarat tidak harus sampai kebablasan, sesuaikan saja deengan kemampuan Anda saja.

Memilih yang Terdaftar di Indeks LQ45 atau IDX30

Selain itu, biar lebih aman Anda bisa membeli Saham yang terdaftar di indeks LQ45 atau IDX30. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir akan mendapati kerugian yang besar, sebab Saham yang sudah terdaftar tersebut merupakan perusahaan dengan latar belakang dan fundamental yang baik.

Jadi, jika Anda baru belajar saham daripada pusing – pusing dengan urusan dimana Anda akan membeli Saham yang aman Anda bisa memiliki di kedua indeks tersebut.

Membeli Saham Saat Harga Turun

Banyak investor pemula yang menganggap kalau pada saat harga Saham turun maka saat itulah yang harus dihindari untuk membeli Saham. Ternyata pemahaman tersebut tidak sepenuhnya salah, tetapi juga tidak sepenuhnya benar.

Sebab, masih ada banyak kasus dimana beli Saham ketika harganya turun dan kemudian harganya kembali naik menjadi normal, bahkan tinggi. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Tetapi Anda juga tidak disarankan untuk mengaplikasikan cara tersebut tanpa mempertimbangkan beberapa aspek lainnya. Intinya, di sini Anda harus lebih berhati – hati dan selalu bijak ketika akan membeli dan bermain Saham.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang tips dan cara investasi Saham untuk pemula terbaru. Semoga bermanfaat.