Simak Yuk Apa Beda Pinjaman Ke Bank Dan Pinjaman Online?

Beda Pinjaman Ke Bank Dan Pinjaman Online

Beda pinjaman ke bank dan pinjaman online harus diketahui untuk Anda semua agar tidak salah pilih metode peminjaman uang. Meminjam sejumlah uang merupakan hal yang biasa dilakukan untuk Anda yang membutuhkan dana tambahan. Misalnya saja dalam mengelola bisnis, keperluan mendesak, atau kebutuhan yang lainnya.

Biasanya banyak orang meminjam dana untuk keperluan bisnis mereka baik dari perusahaan besar hingga UMKM. Tentunya untuk meminjam dana dapat dilakukan dengan cara meminjam di kerabat, teman, koperasi, atau berbagai cara lainnya.

Akan tetapi, ada beberapa cara mudah untuk meminjam uang yang sekarang seringkali dilakukan misalnya saja melalui bank atau pinjaman online. Tentunya meminjam melalui kedua platform ini memiliki perbedaan signifikan yang menimbulkan kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Beda Pinjaman Ke Bank Dan Pinjaman Online, Pilih Yang Sesuai Dengan Anda

Ada baiknya memilih dimana Anda akan meminjam uang didasarkan pada kebutuhan Anda, prasyarat yang cocok juga mudah, dan juga faktor keamanan. Dengan mempertimbangkan aspek tersebut tentunya Anda akan lebih mudah memutuskan untuk menggunakan metode pinjaman tertentu.

Misalnya Anda butuh dana besar untuk tambahan modal usaha sablon kaos Anda yang sedang berkembang pesat. Anda harus memperhitungkan jumlah uang yang diperlukan dan cara pengembaliannya. Jika membutuhkan dalam jumlah besar lebih baik Anda langsung mengambil pinjaman ke bank.

Saat ini banyak yang tergiur dengan pinjaman online atau yang sering disebut dengan fintech lending (P2P lending). Metode pinjaman ini menjadi populer karena waktu pengurusannya cepat, syaratnya yang cukup mudah, dan sederet keuntungan lainnya. Akan tetapi jangan tergiur dulu dengan pinjaman online yang serba mudah itu. Terkadang banyak kerugian yang ditimbulkan apabila peminjam tidak teliti.

Berikut ini akan dijabarkan mengenai perbedaan pinjaman bank dan pinjaman online sehingga Anda lebih mengerti dan dapat mempertimbangkan lebih baik dalam memilih pinjaman.

Beda Dokumen Persyaratan dan Verifikasi Dokumen

Dalam pinjaman bank, ada beberapa persyaratan yang harus diajukan untuk dapat memperoleh dana yaitu kartu tanda penduduk (KTP), slip gaji, rekening tabungan, dan kepemilikan kartu kredit. Pihak bank harus mengetahui kondisi keuangan Anda sehingga diprediksi nantinya Anda dapat membayar bunga dan pinjaman tersebut.

Jika Anda memiliki usaha maka harus melampirkan laporan keuangan usaha yang Anda jalankan. Terlebih lagi peminjaman tersebut untuk penambahan modal usaha maka akan diperlukan prasyarat lainnya.

Selanjutnya pihak bank akan melakukan verifikasi ke rumah dan pengecekan data keuangan yang Anda miliki. Hal ini sangat penting dilakukan bagi pinjaman bank karena memperhatikan faktor kredibilitas dan keamanan baik dari pihak bank dan pihak peminjam.

Sedangkan pada pinjaman online juga membutuhkan dokumen yang hampir sama dengan pinjaman bank. Meski ada beberapa fintech yang cukup hanya mendaftar pada aplikasi dan verifikasi secara online. Jadi di pinjaman online tidak dilakukan verifikasi berkas ke rumah ataupun usaha peminjam seperti pada pinjaman bank.

Perbedaan Proses Pengajuan

Pada pinjaman bank pengajuan melalui tahapan dan perjalanan yang panjang. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pihak bank harus melakukan verifikasi, pengecekan dokumen, dan lain sebagainya sehingga waktu yang diperlukan adalah minimal 2 minggu bahkan bisa mencapai 1 bulan.

Sedangkan pada pinjaman online, minimal waktu yang diperlukan untuk proses pengajuan adalah selama 1 hari. Dan waktu pemrosesan paling lama adalah sekitar 2 minggu. Dengan adanya kecepatan yang mumpuni diberikan oleh kredit online, saat ini banyak orang yang mulai beralih melakukan pinjaman secara online.

Pinjaman Online

Waktu Pencairan Dana

Selain proses pengajuan, waktu pencairan dana juga berbeda antara kedua pinjaman tersebut. Pinjaman bank membutuhkan waktu yang lebih lama. Apabila pengajuan Anda telah disetujui, masih ada kemungkinan untuk tidak dapat mencairkan dana karena skor kredit yang mengalami masalah.

Sedangkan pada kredit online, pencairan dana bahkan dapat dilakukan 5 menit setelah semua proses pengajuan dan disetujui. Pencairan dananya termasuk mudah, instan, dan sangat cepat. Maka dari itu banyak yang beralih pada pinjaman online meski jumlah pinjaman tidak terlalu besar.

Perbedaan Jaminan Yang Diberikan

Untuk pinjaman bank memerlukan jaminan seperti sertifikat kendaraan, sertifikat rumah atau tanah, dan benda berharga lain. Dokumen tersebut akan dijadikan jaminan apabila nanti si peminjam tidak mampu melunasi kredit dan pembayaran hutang.

Berbeda dengan pinjaman online yang tidak memerlukan prasyarat jaminan sehingga pengajuannya juga lebih mudah.

Perbedaan Pada Sumber Dana

Tentunya untuk pinjaman bank sendiri sumber dananya berasal dari si pemberi pinjaman. Apabila Anda ingin meminjam dana dalam jumlah besar juga cocok menggunakan pinjaman bank. Biasanya dana yang ditawarkan di pinjaman bank jauh lebih tinggi daripada pinjaman online.

Sedangkan pinjaman online dananya bersumber dari beberapa investor yang memiliki modal dan meminjamkannya kepada masyarakat. Karena merupakan kumpulan dari beberapa investor, jumlah dana yang dapat dipinjamkan juga tidak terlalu besar. Oleh karena itu apabila meminjam dana dalam jumlah yang kecil, Anda dapat mengajukan melalui pinjaman online.

Perbedaan Penetapan Bunga

Pinjaman bank memiliki suku bunga yang sangat rendah mungkin berkisar sekitar 1-2% per bulannya. Sedangkan pinjaman online suku bunganya sangat tinggi. Bahkan bunga dihitung per hari yaitu sekitar 2% atau bahkan di atas angka tersebut. Saat ini memang pengaturan suku bunga pinjaman online belum ditetapkan oleh pemerintah.

Di sinilah biasanya para pelaku kredit online tertipu dan sulit mengembalikan uang pinjaman karena bunga yang cukup besar. Maka dari itu Anda harus mempertimbangkan segala aspek keuntungan dan kerugian dari melakukan pinjaman.

Perbedaan Keamanan Pinjaman

Pinjaman bank telah terdaftar di OJK dan diawasi oleh pemerintah sehingga keamanannya pasti terjaga. Sedangkan banyak platform pinjaman online yang belum terdaftar di OJK sehingga seringkali melakukan kecurangan.

Hati-hati dalam memilih platform pinjaman online karena Anda mungkin terjerat penipuan dan malah merugikan. Meski tidak semua penyedia layanan jasa kredit online tidak terdaftar. Ada beberapa layanan kredit yang terdaftar di OJK sehingga Anda dapat mencari informasi terlebih dahulu dan lebih memperhatikan keamanan.

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Bank

Berdasarkan pada pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pinjaman bank memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yaitu:

Kelebihan:

  • Bunganya rendah
  • Resiko kecil
  • Jangka waktu yang fleksibel

Kekurangan:

  • Persyaratan dokumen cukup sulit
  • Pengecekan riwayat kredit

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online

Berdasarkan pada pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pinjaman online memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yaitu:

Kelebihan:

  • Pencairan uang sangat cepat
  • Prose pengajuan tidak bertele-tele

Kekurangan:

  • Bunga per hari dan sangat tinggi
  • Resiko penipuan lebih besar

Semua bentuk beda pinjaman ke bank dan pinjaman online sangat penting untuk diketahui. Anda dapat memilih melakukan pinjaman di manapun, asal tetap memperhatikan faktor-faktor tersebut di atas.

Anda juga harus mempertimbangkan pengembalian dana ke pemberi pinjaman dan juga manajemen keuangan Anda sendiri. Jangan sampai meminjam dana dalam jumlah tertentu, tidak mampu membayar, dan malah dikejar penagih hutang.