Cara Root HP Android dengan Framaroot

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk Root HP, salah satunya adalah dengan cara root HP Android dengan Framaroot. Proses Rooting ini nantinya akan memberikan anda akses secara penuh ke sistem.

HP yang sudah dalam keadaan Root nantinya akan memiliki kelebihan tersendiri. Di antaranya fungsi HP yang bisa lebih maksimal karena semua fitur terbuka dan bisa diakses sepenuhnya.

Root juga bisa dilakukan pada berbagai macam HP android, mulai dari HP yang mahal dan terkenal hingga yang murah dan tidak begitu populer sekalipun.

Manfaat Root HP Android

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa sih manfaat dari melakukan root pada HP Android? Nah, berikut beberapa hal yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.

  • Bisa menghapus aplikasi bawaan yang sebelumnya tidak bisa dihapus
  • Bisa menginstal aplikasi yang membutuhkan akses root
  • Mudah mengganti tampilan HP sesuai keinginan
  • Backup lebih aman.
  • Meningkatkan kinerja HP.
  • Mengurangi masalah panas pada HP.
  • Dan lain sebagainya.

Aplikasi Root Terbaik Framaroot

Bagi anda yang ingin melakukan root pada HP yang digunakannya. Harus memilih aplikasi root yang memang benar-benar mampu untuk melakukan proses root dengan baik. Pilihan aplikasi untuk melakukan proses ini ada banyak. Ada yang bisa anda jalankan menggunakan Laptop atau PC, dan ada pula yang bisa digunakan langsung pada HP yang ingin di root.

Salah satu aplikasi yang bisa menjadi pilihan anda adalah Framaroot. Framaroot merupakan aplikasi root HP Android yang memang sudah banyak dikenal bagi para pengguna Android yang sudah dikenal sejak lama.

Beberapa keunggulan Framaroot yang bisa menjadi pertimbangan untuk digunakan:

  • Punya tampilan UI yang mudah digunakan
  • Proses rooting bisa dimulai dengan 1 kali klik.
  • Proses Instal mudah.
  • Tersedia fitur unroot.

Framaroot juga punya keunggulan lain pada segi ukurannya. Ukuran dari Framaroot kecil yakni hanya di bawah 2MB. Dengan ukuran kecil, anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya meski kapasitas memori HP kecil dan kuota internet tinggal sedikit pada saat mengunduhnya.

Syarat Root dengan Framaroot

Untuk memulai proses Root HP Android dengan Framaroot sebenarnya tidak memerlukan syarat khusus. Namun, sama seperti aplikasi root lainnya, Framaroot juga punya daftar perangkat yang mendukung untuk menggunakan fungsinya.

Saat ini, sudah ada beberapa merk HP yang mendukung aplikasi root ini. Diantaranya adalah Samsung, OPPO, Lenovo, ASUS, dan berbagai merk lainnya. Namun, untuk mengetahui hal tersebut secara pasti, silahkan cari informasinya melalui Google merk HP apa saja yang mendukung penggunaan aplikasi root Framaroot.

Cara Root HP Android dengan Framaroot

Nah, masuk ke pembahasan utama yakni cara root HP Android dengan Framaroot. Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah dan cepat. Jika sebelumnya anda sudah cek apakah HP Android yang anda gunakan bisa menggunakan aplikasi Framaroot, maka anda tinggal langsung mencoba aplikasi ini.

Sebelum memulai proses root, pastikan juga jika baterai HP anda dalam keadaan terisi penuh atau setidaknya punya baterai diatas 60 persen. Hal ini bertujuan agar nantinya HP tidak mati tiba-tiba pada saat dalam proses root, karena bisa membuat HP menjadi bootloop.

Langsung saja, berikut cara root HP Android dengan Framaroot:

1. Download terlebih dahulu aplikasi Framaroot

Unduh terlebih dahulu aplikasi Framaroot terbaru melalui berikut >Download Framaroot. Silahkan download aplikasi Framaroot versi terbaru agar bisa mendukung lebih banyak device serta mengurangi terjadinya bug. Untuk download versi Framaroot terbaru silahkan kunjungi langsung di XDA Developers.

2. Aktifkan Opsi Unknown Resources

Sebelum instal aplikasi Framaroot yang sudah di download silahkan aktifkan terlebih dahulu opsi Unknown Resources pada bagian Settings Android. Langkah ini bertujuan agar nantinya anda bisa menginstal berbagai macam aplikasi di luar Play Store. Caranya buka menu Settings > Security > Centang Unknown Resources (Sumber Tidak Dikenal).

cara root HP Android dengan Framaroot

3. Instal Framaroot

Setelah anda mengaktifkan opsi unknown resources dengan mencentangnya, lanjutkan dengan install Framaroot yang sebelumnya sudah di download. Jika sudah selesai terpasang, silahkan langsung buka aplikasinya.

cara root HP Android dengan Framaroot

4. Muncul pilihan opsi Framaroot

Pada saat membuka aplikasinya anda akan mendapatkan dua pilihan opsi yakni:

  • Exploit Successful, yang menandakan jika HP yang anda gunakan sudah didukung oleh Framaroot dan siap melakukan proses Root.
  • Your Device Seems Not VuInerabIe to ExpIoit, opsi ini menandakan jika HP yang anda gunakan belum mendapat dukungan dari Framaroot sehingga anda harus mencari aplikasi root lainnya.

5. Install SuperSU

Pada langkah ini anda akan melihat menu utama dari Framaroot. Silahkan buka pada kolom Select an Action to Execute After Root. pada kolom ini anda akan mendapatkan 3 opsi, yakni SuperSU, Superuser, dan Unroot. Silahkan, pilih opsi Install SuperSU.

cara root HP Android dengan Framaroot

6. Mulai Proses Root

Berikutnya anda tinggal memulai proses root dengan Klik Boromir/Aragorn/Gandalf/Kode-kode lainnya agar proses root dimulai. Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai kurang lebih 10-20 detik atau bisa juga lebih lama dari waktu tersebut.

7. Proses Root Berhasil

Setelah proses root berhasil anda akan mendapatkan notifikasi “Congratulations, your device is now rooted“, yang berarti HP anda sudah berhasil di root. Selanjutnya tinggal restart HP Android anda.

cara root HP Android dengan Framaroot

8. Cek apakah ada aplikasi SuperSU

Langkah terakhir anda tinggal melihat pada daftar aplikasi. Biasanya setelah proses root berhasil anda akan melihat ada aplikasi baru dengan nama SuperSu. Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur beberapa aplikasi yang membutuhkan root.

cara root HP Android dengan Framaroot

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai bagaimana cara root HP Android dengan Framaroot. Perlu diperhatikan jika anda melakukan proses root disarankan untuk HP yang sudah habis masa garansinya. Jika HP yang anda gunakan masih dalam masa garansi biasanya service center akan menolak klaim garansi yang anda ajukan.