2 Cara Mengubah Resolusi Layar Android

Setiap orang pasti memiliki HP dengan ukuran yang berbeda-beda. Perbedaan ukuran layar ini tergantung dari kenyamanan dari pemilik HP, namun untuk saat ini kebanyakan pengguna HP Android menggunakan ukuran diatas 6 inci agar nyaman di genggam. Selain nyaman dalam genggaman, dengan ukuran yang agak besar pastinya akan lebih nyaman digunakan bermain game dan menonton film.

Dengan layar yang lebar pastinya dibutuhkan layar dengan resolusi tinggi agar tampilannya jernih dan tajam. Resolusi sendiri diartikan sebagai banyak jumlah piksel yang ada di layar. Anda pastinya tidak asing lagi saat melihat spesifikasi sebuah HP, pada bagian layar biasanya tertulis angka 1920×1080, 1280 x 720 piksel, dan sebagainya. Nah, angka itulah yang dinamakan resolusi.

Semakin tinggi angka piksel yang ditunjukkan, maka tampilan layar dari HP yang digunakan juga akan semakin baik kualitasnya. Selain itu, resolusi layar juga mengatur besarnya tampilan agar sesuai dengan ukuran layar.

 

Bisakah Resolusi Layar HP Android di Ubah?

Resolusi pada dasarnya sudah ditentukan secara bawaan oleh pabrik yang memproduksinya. Namun, apakah anda tahu jika sebenarnya anda bisa mengatur resolusi sendiri sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemiliknya?

Ada beberapa alasan bagi pengguna HP Android ingin melakukan perubahan resolusi layar, diantaranya:

  • Ingin digunakan bermain game, menaikkan resolusi layar agar tampilannya menjadi pas.
  • Menurunkan resolusi layar agar kinerja dari hardware tidak
  • urunkan resolusi supaya kinerja hardware nggak terlalu berat.
  • Ada bagian tertentu di layar yang rusak dan tidak bisa disentuh.
  • Dan lain-lain.

Namun, cara mengubah resolusi layar Android yang satu ini masih sangat jarang diketahui oleh orang orang. Untuk itu ada baiknya jika pembahasan kali ini mengenai hal tersebut. Akan tetapi, sebelum berlanjut ke pembahasan utama, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mengubah resolusi layar Android.

Cara Cek Resolusi Layar Android

Lakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai ukuran layar HP yang anda gunakan. Hal ini bertujuan agar nantinya anda tidak bingung lagi pada saat menggunakannya. Cara yang digunakan adalah dengan instal aplikasi CPU-Z.

  • Silahkan download dan Instal terlebih dahulu aplikasi CPU-Z. Jika sudah terinstal > Buka aplikasinya.
  • Pilih tab Device.
  • Lalu silahkan cek pada bagian Screen resolution.
  • Pada bagian ini anda akan melihat detail resolusi resolusi layar, seperti pada  gambar berikut:

Cara Mengubah Resolusi Layar Android

 

  • Silahkan catat resolusi layar HP anda, atau anda juga bisa ingat saja resolusi tersebut.

Cara Mengubah Resolusi Layar HP Android

Setelah anda tahu berapa resolusi layar HP Android yang digunakan, silahkan lanjutkan dengan cara mengubahnya. Mengenai caranya, silahkan simak berikut in:

1. Menggunakan Aplikasi Screen Shift (Root)

Pertama anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama Screen Shift. Aplikasi yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk mengubah resolusi layarnya. Aplikasi yang dibuat oleh Aravind Sagar ini sudah di instal sebanyak lebih dari 500 ribu kali.

Jika anda ingin mencoba aplikasi ini, silahkan langsung instal melalui Google Play Store.Cara penggunaannya cukup mudah, ikuti langkahnya dibawah ini:

  • Silahkan instal terlebih dahulu aplikasi Screen Shift melalui Play Store.

Cara Mengubah Resolusi Layar Android

 

  • Setelah itu buka aplikasinya, lalu tekan tombol untuk mengaktifkan Screen shift pada bagian atas.
  • Silahkan berikan akses root saat ada notifikasi yang muncul (aplikasi ini membutuhkan root).
  • Berikutnya, pada bagian Resolution aktifkan, lalu atur sesuai kebutuhan dan ukuran resolusi yang diinginkan.

Cara Mengubah Resolusi Layar Android

 

  • Jika sudah, tekan tombol yang bertanda centang agar resolusi layarnya diterapkan.
  • Selesai, anda akan melihat resolusi layar HP Android berubah.

Fitur yang dimiliki aplikasi ini bukan untuk mengubah resolusi pada homescreen dan aplikasi saja. Screen Shift juga bisa anda gunakan untuk mengubah resolusi aplikasi tertentu saja, caranya sebagai berikut.

  • Silahkan tekan ikon tiga titik yang letaknya pada bagian pojok kanan atas aplikasi.
  • Berikutnya pilih opsi Per-app Profiles.

Cara Mengubah Resolusi Layar Android

 

  • Tentukan aplikasi mana yang ingin anda ubah resolusinya.
  • Pilih resolusi yang anda butuhkan (anda tidak bisa mengatur sendiri, ada beberapa resolusi bawaan yang bisa dipilih).
  • Ubah pengaturan resolusi.
  • Nah, nantinya pada saat membuka aplikasi yang sudah diubah resolusinya, aplikasi tersebut akan tampil sesuai resolusi yang di input.
  1. Cara Mengubah Tampilan Layar Android Melalui Opsi Pengembang (Tanpa Root)

Cara yang satu ini adalah dengan menggunakan fitur bawaan dari HP Android. Opsi Pengembang adalah fitur tersembunyi berupa pengaturan pada HP Android dengan berbagai opsi pengaturan lanjutan.

Diantara pengaturan yang bisa dilakukan dengan menggunakan opsi pengemban ini adalah pengaturan DPI. Pengaturan yang satu ini memberikan kemungkinan bagi anda untuk melakukan perubahan ukuran tampilan layar, ingin diperbesar atau diperkecil.

Nah, di antara pengaturan yang bisa Anda dapati di opsi pengembang ini ada yang namanya pengaturan DPI. Pengaturan ini memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran tampilan layar, entah itu diperbesar atau diperkecil.

Sebelum menggunakan cara ini, sebaiknya pastikan dulu untuk mengaktifkan opsi pengemban, berikut caranya:

  • Buka Pengaturan pada HP Android anda.
  • Masuk ke Tentang Ponsel.
  • Berikutnya buka Informasi perangkat lunak.
  • Lalu pada bagian Nomor versi, silahkan ketuk sebanyak 5 kali hingga muncul notifikasi “Anda telah menjadi seorang pengembang.”

Cara Mengubah Resolusi Layar Android

 

Setelah itu, silahkan buka kembali pengaturan kemudian cari Pilihan Pengembang yang sudah muncul, biasanya terdapat di bagian paling bawah pengaturan. Lanjutkan dengan ubah tampilan layar HP dengan cara:

  1. Buka Pengaturan, lalu gulir kebawah hingga anda menemukan Pilihan Pengembang.
  2. Pastikan Pilihan Pengembang dalam keadaan Aktif.Cara Mengubah Resolusi Layar Android
  3. Lalu gulir ke bawah, cari pengaturan Lebar minimum. Tekan pengaturan tersebut.Cara Mengubah Resolusi Layar Android
  4. Ubah nilai yang ada sesuai yang anda inginkan. Silahkan ubah menjadi lebih besar atau kecil sesuai kebutuhan, lalu tekan OK.Cara Mengubah Resolusi Layar Android
  5. Jika sudah, nantinya layar anda akan berubah sesuai nilai yang di input.
  6. Selesai.

Sebenarnya untuk pengaturan yang satu ini tidak bertujuan untuk melakukan perubahan resolusi, melainkan hanya nilai DPI saja. Namun, untuk hasilnya  tidak jauh berbeda, karena ukuran layar juga sama-sama mengalami perubahan.

Di samping itu, pengaturan melalui Pilihan Pengembang ini bisa dilakukan tanpa harus root. Jadi, sangat cocok untuk berbagai macam merk dan tipe HP, dan sangat aman dilakukan. Anda tinggal mengatur tampilannya sesuai yang anda inginkan.

Akhir Kata

Cara mengubah resolusi layar Android mempunyai berbagai macam manfaat. Utamanya pada saat menggunakan aplikasi atau memainkan game yang membutuhkan tampilan layar berbeda dari setelan default atau bawaan layar.

Cara yang dibagikan di atas bisa digunakan pada berbagai macam HP Android, meskipun dimensinya berbeda-beda. Anda tinggal memilih, apakah ingin menggunakan cara root atau non root sesuai kebutuhan.

Semoga bermanfaat yah.