2 Cara Menghilangkan Virus di HP Android

Apakah HP Android anda sedang terkena virus? Jika iya, anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara menghilangkan virus di HP Android yang cukup ampuh untuk digunakan. Anda bisa menghilangkan berbagai macam adware, spyware, worm, trojan, dan virus.

Cara ini sangat cocok anda gunakan di berbagai macam HP Android. Mulai dari Merk Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan berbagai merk lainnya. Namun, sebelum melangkah ke pembahasan yang lebih jauh, sebaiknya anda megetahui terlebih dahulu apa itu virus.

Virus HP adalah sejenis virus komputer yang bisa mengakibatkan aplikasi atau fitur yang ada di HP Android tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Saat ini perkembangan teknologi yang digunakan pada HP sudah mendekati teknologi komputer. HP juga sudah menggunakan sistem operasi yang bersifat terbuka sehingga bisa menjadi celah bagi masuknya berbagai macam virus.

Alasan itulah yang membuat anda harus mengetahui bagaimana cara menghilangkan virus di HP Android agar bisa terbebas dari berbagai ancaman virus. Salah satu penyebab terbesar yang menyebabkan virus bisa masuk ke HP adalah pada saat browsing melalui internet. Ada beberapa situs atau aplikasi yang memang di dalamnya sudah disisipkan virus.

Berikut beberapa cara menghapus virus di android menggunakan aplikasi yang bisa kita download melalui play store

Cara Menghilangkan Virus di HP Android

Ada beberapa cara yang bisa digunakan agar virus yang sudah terlanjur ada di HP Android anda bisa hilang atau terhapus, berikut beberapa diantaranya.

1. Cara Menghilangkan Virus di HP Android dengan Aplikasi

Dengan Avast Mobile

cara menghilangkan virus di HP bisa dengan menggunakan aplikasi antivirus seperti Avast Mobile. Antivirus yang satu ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Selain bisa menghilangkan virus, aplikasi ini juga bisa membersihkan RAM, menghapus cache, memantau penggunaan data internet, dan sebagainya. Jika anda ingin mencoba cara ini, ikuti langkah yang ada dibawah.

Cara Menghilangkan Virus di HP

 

  • Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan tunggu hingga menu utama muncul.
  • Pada menu utama, anda tinggal menekan tombol Pindai agar proses pemindaian virus dan ancaman lain yang bisa menggangu HP dimulai.

Cara Menghilangkan Virus di HP

 

  • Setelah proses pemindaian selesai, Avast akan menampilkan berbagai macam masalah yang terdeteksi pada HP, salah satunya adalah laporan mengenai adanya virus yang beresiko. Anda tinggal menekan Atasi agar masalah tersebut bisa ditangani.

Dengan Kaspersky Mobile Antivirus

Antivirus berikutnya yang bisa anda gunakan adalah Kaspersky Mobile Antivirus. Antivirus yang satu ini punya beberapa fitur seperti pemindaian virus, pengunci aplikasi, melacak HP yang hilang, dan melindungi berbagai macam informasi pribadi.

Cara Menghilangkan Virus di HP

 

  • Setelah itu,buka aplikasinya dan klik Next.

Cara Menghilangkan Virus di HP

 

  • Berikutnya pada menu utama silahkan tekan Scan, untuk memulai proses pemindaian virus dan masalah lainnya yang ada di HP.

Cara Menghilangkan Virus di HP

 

  • Tunggu sampai proses pemindaian selesai, dan menampilkan berbagai macam hasil pemindaian.

Cara Menghilangkan Virus di HP

 

  • Jika terdapat masalah pada proses pemindaian, Kaspersky mobile akan otomatis menyelesaikan masalah tersebut, termasuk jika ada virus yang terdeteksi.

2. Cara Menghilangkan Virus di HP Android Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi, ada cara lain yang bisa kita lakukan tanpa menggunakan aplikasi. Berikut beberapa diantaranya.

Safe Mode

Cara Menghilangkan Virus di HP

Cara menghapus virus di HP bisa dengan menggunakan safe mode.

  • Silahkan masuk ke safe mode, cara ini berbeda tiap HP. Namun, sebagian besar dengan menekan tombol power dan volume bersamaan.
  • Setelah berhasil masuk ke safe mode, semua aplikasi yang ditampilkan hanya aplikasi bawaan sistem. Anda bisa dengan leluasa untuk melakukan pengecekan dan pembersihan file-file yang tidak penting, misalnya file cache dan menghapus virus android.
  • Cek aplikasi apa saja yang terinstal di HP Android dengan cara masuk ke setting > Apps > downloaded.
  • Pada safe mode ini sistem akan menghilangkan semua aplikasi pihak ketiga, namun karena virus biasanya masuk ke dalam sistem maka virus akan terbaca sebagai aplikasi pihak ketiga yang dapat menjalankan fungsi sistem. Hal inilah yang membuat biasanya muncul aplikasi yang tidak pernah diinstal pada HP Android.
  • Jika anda mendapatkan ada aplikasi yang mencurigakan, silahkan hapus aplikasi tersebut dengan cara uninstal.
  • Namun, terkadang aplikasi yang merupakan virus biasanya agak sulit dihapus karena sudah mendapatkan akses sebagai Administrator. Anda harus menghapus aksesnya terlebih dahulu melalui Setting > Security > Device administrator.
  • Hilangkan akses administrator aplikasi yang dicurigai tersebut. Lalu, silahkan coba uninstal kembali.
  • Setelah berhasil dihapus, keluar dari Safe Mode dan Restart HP Android anda.

Factory Reset

Jika cara sebelumnya tidak berhasil menghilangkan virus yang ada di HP Android anda. Makaca cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan Factory Reset. Factory reset adalah melakukan reset ulang semua pengaturan HP Android seperti bawaan pabrik, sehingga semua data dan aplikasi yang tersimpan akan terhapus. Untuk itu sebelum melakukan factory reset sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu.

Factory reset ini biasanya menjadi langkah terakhir untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan sistem perangkat lunak bootloop, lupa kode pin, ataupun menghapus virus.

Ada tiga metode yang bisa anda lakukan untuk melakukan reset HP android, yakni soft reset melalui setelan atau pengaturan di HP, melalui kode Dial khusus, dan hard reset.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai bagaimana cara menghilangkan virus di HP Android, anda bisa mencoba salah satu cara tersebut jika HP yang anda gunakan sudah terasa lambat dan tiba-tiba ada aplikasi yang muncul tanpa pernah diinstal sebelumnya