5 Cara Menghapus Virus Shortcut di Laptop dan Flashdisk

Setiap pengguna laptop tentunya pernah melakukan proses transfer file ke laptop menggunakan flashdisk. Mungkin beberapa diantara pengguna laptop juga sudah menyadari jika proses berbagi file yang ada di laptop menggunakan flashdisk juga memiliki beberapa konsekuensi misalnya adanya kemungkinan terjadinya penularan virus dari satu laptop ke laptop lainnya.

Saat ini sudah ada banyak sekali varian virus komputer yang bisa menular melalui flashdisk. Untuk itu Anda harus selalu berhati-hati ketika ingin berbagi file, pastikan jika flashdisk yang digunakan sudah aman dari virus.

Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi virus tersebar ke laptop melalui flashdisk adalah dengan tidak sembarangan mencolok flashdisk ke laptop lain agar flashdisk tetap aman dari virus.

Apa itu Virus Shortcut?

Salah satu virus yang biasanya banyak menyerang adalah virus shortcut. Mungkin Anda sudah pernah terserang virus ini, tapi tahukah Anda apa itu virus shortcut?

Virus Shortcut adalah salah satu jenis virus komputer yang biasanya menyebar melalui flashdisk dengan cara kerja menyembunyikan data yang ada dalam flashdisk atau laptop yang sudah terinfeksi ke dalam folder tersembunyi, lalu menampilkan kembali data tersebut dalam bentuk shortcut yang biasanya ditAndai dengan ekstensi .Ink.

Biasanya meskipun Anda sudah menghapus shortcut yang merupakan virus tersebut, nantinya shortcut tersebut akan muncul kembali. Hal ini tentunya cukup meresahkan, terlebih jika file yang tersembunyi adalah file yang penting untuk Anda.

Untuk itu bagi Anda yang terinfeksi virus shortcut pada laptop dan flashdisk yang digunakannya, jangan khawatir karena akan diberikan solusinya di pembahasan kali ini.

Cara Menghapus Virus Shortcut Secara Permanen

Anda tentunya sangat membutuhkan cara menghapus virus shortcut di laptop dan flashdisk agar file penting yang ada bisa muncul dan digunakan kembali. Cara berikut ini cukup simpel untuk Anda lakukan, silahkan langsung disimak saja.

1. Menghapus virus shortcut di Flashdisk

Flashdisk adalah salah satu perangkat yang memang menjadi tempat yang mudah untuk ditulari virus. Hal ini disebabkan karena sistem flashdisk yang masih sangat lemah dan penggunaannya berpindah dari satu laptop ke laptop lainnya.

Sebenarnya Anda bisa langsung menggunakan cara terampuh yakni dengan format flashdisk, namun hal ini bisa dilakukan jika file yang ada di flashdisk tidak terlalu penting. Namun, jika file yang ada cukup penting sebaiknya mengikuti langkah berikut ini.

  • Pertama, silahkan klik ikon pencarian Windows yang terletak di taskbar sebelah kiri. Setelah itu ketik command prompt / CMD. Pada hasil pencarian yang muncul silahkan pilih Run as Administrator.

Cara Menghapus Virus Shortcut

  • Setelah itu lihat dimana drive flashdisk terletak. Arahkan direktori CMD ke posisi drive flashdisk Anda dengan cara mengetik huruf drive-nya. Misalnya saja jika drive flashdisk Anda di F ketik F:.

Cara Menghapus Virus Shortcut

  • Setelah direktori sudah mengarah ke F:> (bergantung dengan lokasi drive flashdisk) selanjutnya Anda bisa menghapus file shortcut dengan cara mengetikkan del *.lnk s/d/ lalu klik Enter. Jika muncul pesan error, coba ketik del *.lnk s/ atau del *.lnk lalu klik Enter.

Cara Menghapus Virus Shortcut

  • Lanjut dengan ketik attrib -s -r -h *. * /s /d /l lalu klik Enter. Tunggu sampai proses selesai.

Cara Menghapus Virus Shortcut

  • Jika semua proses sudah selesai, file yang tadinya disembunyikan oleh virus shortcut akan dimunculkan kembali dan bisa Anda gunakan dengan normal

Catatan: Ketika Anda menggunakan perintah del * .lnk lakukan dengan hati-hati karena bisa saja Anda kehilangan data jika ada kesalahan.

2. Menghapus virus shortcut di Laptop

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui cara menghapus virus shortcut di flashdisk. selanjutnya akan dijelaskan mengenai cara menghapus virus shortcut di Laptop. Hal ini tentunya penting untuk Anda ketahui karena jika menghubungkan flashdisk yang masih bebas dari virus ke laptop yang terinfeksi virus shortcut maka flashdisk tersebut akan ikut terinfeksi.

Untuk menggunakan cara ini, Anda hanya perlu mengikuti cara yang ada dibawah.

Cara Pertama

  • Buka terlebih dahulu Task Manager dengan cara klik kanan pada Taskbar, lalu buka Task Manager atau dengan menekan kombinasi tombol CTRL + ALT + Delete di keyboard lalu pilih opsi Task Manager.

Cara Menghapus Virus Shortcut

  • Setelah jendela Task Manager terbuka pilih tab Processes, lalu pilih proses Wscript.exe kemudian klik kanan dan pilih End Task.

Cara Menghapus Virus Shortcut

Cara Kedua

  • klik kombinasi tombol Windows + R di keyboard untuk memunculkan jendela Run. Setelah itu silahkan ketik regedit dan klik OK.

Cara Menghapus Virus Shortcut

  • Nantinya akan tampil jendela Registry Editor. Setelah itu, silahkan menuju direktori HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Run seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Menghapus Virus Shortcut

  • Lalu pilih Registry Key odwcamszas atau cbxghsrjgbdds. Jika Anda mendapatkan file ini, klik kanan lalu klik Delete. Namun, jika Registry Key tersebut tidak Anda temukan, silahkan cari Registry Key yang hampir sama, biasanya menggunakan mempunyai nama aneh, seperti kedua registry key tersebut

Cara Ketiga

  • Buka terlebih dahulu jendela Run dengan menekan kombinasi tombol Windows + R di keyboard. Lalu ketikkan msconfig dan klik OK.

Cara Menghapus Virus Shortcut

  • Nantinya akan terbuka jendela System Configuration. Berikutnya buka tab Startup lalu klik Open Task Manager.

Cara Menghapus Virus Shortcut

  • Setelah itu Task Manager akan terbuka di bagian tab Startup, silahkan cari dan pilih nkvasyoxww.vbs lalu klik tombol Disable.

Cara Menghapus Virus Shortcut

Penutup

Perlu diingat virus ini sebenarnya mudah untuk dihilangkan. Namun, jika Anda membiarkannya dan menganggap remeh keberadaan virus shortcut. Nantinya akan merusak berbagai file yang ada di flashdisk dan laptop. Jika di laptop Anda membiarkan virus ini, biasanya akan menyebar dan menjadikan berbagai macam file jadi shortcut yang pada akhirnya akan membuat sistem mengalami masalah.

itulah beberapa cara menghapus virus shortcut yang ada di laptop ataupun di flashdisk. Untuk bisa mengetahui mana cara yang paling efektif tentunya Anda harus mencoba semua cara yang ada diatas.