10 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terdeteksi

Setiap HP tentunya butuh jaringan seluler untuk bisa melakukan beberapa aktivitas mobile. Dengan tersedianya jaringan seluler, HP bisa digunakan untuk beberapa keperluan seperti mengakses internet, menelpon,mengirim SMS, dan lainnya.

Meskipun HP tetap bisa berkomunikasi dan mengakses internet menggunakan jaringan WiFi. Namun, dalam beberapa keadaan jaringan seluler masih sangat dibutuhkan. Misalnya ketika berkunjung di daerah terpencil yang tidak memiliki akses jaringan WiFi.

Namun, bagaimana jika kartu SIM yang ada di HP tidak bisa terbaca? Tentu saja hal ini akan sangat berdampak dengan beberapa aktivitas mobile yang membutuhkan jaringan seluler. Karena untuk mendapatkan jaringan seluler, tentunya harus menggunakan kartu SIM dari provider penyedia jaringan seluler.

Kartu SIM yang tidak terdeteksi adalah masalah yang memang bisa saja terjadi di HP. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca.

Penyebab Kartu SIM Tidak Terdeteksi

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terdeteksi

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kartu SIM tidak terdeteksi. Hampir sebagian besar hal ini terjadi tanpa diketahui oleh pemilik HP. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Kartu SIM Panas
  2. Slot Kartu SIM Rusak
  3. IMEI Hilang
  4. Jaringan Provider Gangguan
  5. Masa Pakai Kartu SIM Sudah Terlalu Lama
  6. Masalah IC PA

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terdeteksi

Untuk mengatasi masalah kartu SIM tidak terdeteksi ini, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Berikut beberapa solusi yang bisa anda gunakan pada berbagai merk HP seperti Samsung, Xiaomi, OPPO, ASUS, Vivo dan merk HP lainnya untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Restart terlebih dahulu HP Anda

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terdeteksi

Pertama anda bisa menggunakan cara yang simpell  yakni dengan melakukan restart HP. Adakalanya cara yang satu ini sangat ampuh untuk menormalkan kembali pembacaan kartu SIM. Biasanya restart dapat menghilangkan bug yang ada di HP.

2. Ganti Kartu SIM jika sudah rusak

Salah satu cara mengatasi masalah kartu SIM tidak terbaca adalah melakukan pengecekan kondisi fisik kartu SIM yang digunakan. Periksa kartu SIM apakah masih bagus atau sudah rusak, karena hal ini sangat berpengaruh terhadap penerimaan jaringan.

Kartu SIM yang sudah mengalami kerusakan, biasanya akan ditandai dengan beberapa gejala sebagai berikut

  • Jaringan sering muncul dan menghilang.
  • Sulit terhubung dengan jaringan internet.
  • Kartu SIM tidak terdeteksi.

Oleh karena itu, ketika mengalami gejala di atas anda tinggal mengganti kartu SIM yang baru.

3. Periksa Konektor Kartu SIM

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terdeteksi

Selain kartu SIM yang bermasalah, slot kartu SIM juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Biasanya kuningan pada bagian konektor mengalami kerusakan karena masa pakainya sudah lama. Biasanya beberapa tipe HP mengalami masalah ini, sehingga membuat SIM jadi tidak terbaca.

Untuk mengatasinya, anda bisa mencoba solusi dibawah ini:

  • Buka terlebih dahulu casing HP, lalu buka baterainya. Setelah itu periksa konektor SIM.
  • Berikutnya ambil kapas, kemudian bersihkan bagian kuningannya.
  • Jika sudah, silahkan pasang kembali.

Anda juga bisa mencoba hal ini pada kartu SIM, coba bersihkan menggunakan kapas sebelum dipasang ke konektor.

4.  Cek IMEI

Mungkin masih sebagian kecil dari pengguna HP paham betul apa itu IMEI. Singkatnya, IMEI merupakan kode unik yang dimiliki setiap HP dimana salah satu fungsinya yakni memungkinkan HP untuk menangkap sinyal.

Oleh karena itu, jangan kaget jika kartu SIM tidak terbaca karena sinyal hilang pada saat IMEI hilang.. Untuk itu, silahkan lakukan cek IMEI terlebih dahulu.

  • Buka aplikasi Telepon di HP anda.
  • Dial ke *#06#*.
  • Nantinya akan muncul informasi mengenai IMEI HP.

Jika normal seharusnya dial yang anda lakukan akan menampilkan nomor unik yakni IMEI. Namun jika tidak muncul apapun, berarti hal inilah yang menyebabkan kartu SIM tidak terdeteksi. Untuk mengatasi hal ini anda bisa mencarinya melalui googling dengan menggunakan kata kunci “mengatasi IMEI invalid”.

5. Aktifkan Mode Pesawat Selama Beberapa Saat

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terdeteksi

Meskipun cara ini terdengar sangat simpel, namun ternyata dengan mengaktifkan mode pesawat beberapa saat bisa mengatasi beberapa masalah error di HP. Termasuk diantaranya adalah mengatasi masalah kartu SIM tidak terdeteksi.

Silahkan coba gunakan cara ini sesuai langkah yang ada dibawah:

  1. Silahkan restart HP.
  2. Tunggu sampai proses restart selesai.
  3. Setelah itu silahkan geser ke bawah layar untuk memunculkan menu yang berisi beberapa fitur.
  4. Silahkan aktifkan mode pesawat selama 2 menit.
  5. Terakhir, silahkan nonaktifkan kembali mode tersebut.

Tunggu sampai jaringan seluler mengalami penyegaran agar kartu SIM bisa kembali normal.

6. Ganti Pengaturan Jaringan

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terdeteksi

Pengaturan jaringan HP bisa anda ganti sesuka hati, biasanya jika jaringan dari provider terganggu akan menyebabkan kartu SIM menjadi tidak terdeteksi. Nah, biasanya gangguan ini terjadi pada jaringan tertentu saja, misalnya terjadi pada jaringan 3G atau 4G.

Solusi yang bisa anda lakukan adalah:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Telepon di HP.
  2. Lalu lakukan dial dengan mengetik  *#*#4636#*#* kemudian tekan ikon Telepon
  3. Setelah itu, pada halaman yang muncul silahkan periksa bagian Information 1 atau Information 2 (SIM 1 atau SIM 2).
  4. Lalu ubah jenis jaringan pada kolom sinyal.

7. Perbaharui Sistem

Sistem yang mengalami bug atau error seringkali menyebabkan beberapa permasalah di HP. Salah satunya adalah SIM yang tidak terbaca. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan pembaruan pada sistem. Karena setiap pembaruan sistem pastinya akan memperbaiki bug yang ada pada sistem yang lama. Caranya sebagai berikut:

  1. Pertama, buka Pengaturan atau Setelan di HP.
  2. Lalu pilih menu Tentang Telepon.
  3. Lanjut dengan memilih Update Sistem.

Setelah melakukan update sistem, silahkan restart HP anda dan cek apakah SIM sudah dideteksi kembali.

8. Lakukan reset pabrik

Selain melakukan update sistem, anda bisa melakukan reset sistem HP agar bisa memperbaiki berbagai macam error yang ada di sistem, termasuk masalah pembacaan kartu SIM.

Ikuti langkah berikut untuk melakukan reset HP.

  1. Bukan terlebih dahulu Pengaturan atau Setelan di HP.
  2. Lalu buka menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  3. Kemudian pilih kembalikan ke Setelan Pabrik.

Sebelum melakukan cara ini, sebaiknya anda melakukan pencadangan data penting terlebih dahulu, karena proses ini akan menghapus semua data yang ada.

9. Melakukan Flash ulang HP

Salah satu cara mengatasi kartu SIM tidak terdeteksi yang cukup efektif adalah melakukan flashing ulang. Flashing ini bisa memperbaiki berbagai macam error di HP. Cara melakukan flashing bisa anda cari tahu melalui googling sesuai dengan merk HP yang digunakan.

10. Servis HP

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terdeteksi

Jika komponen yang rusak adalah IC PA yang ada di HP, maka sebaiknya anda melakukan servis HP melalui service center resmi dari HP yang anda gunakan. Komponen ini memang sangat berkaitan dengan kerusakan HP yang berhubungan dengan masalah sinyal.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi kartu SIM tidak terdeteksi. Mungkin anda adalah salah satu orang yang mengalami masalah ini, untuk itu silahkan coba gunakan cara yang ada diatas untuk membuat pembacaan SIM HP menjadi normal kembali.