Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Aplikasi Scrcpy

Mungkin anda belum pernah mencoba beberapa hal baru yang bisa dilakukan pada perangkat HP yang dimiliki. Misalnya saja menampilkan layar dari HP yang digunakan ke Laptop supaya tampilan yang ada di layar HP bisa lebih dinikmati karena lebih luas tampilannya. Oleh karena itu, anda sebaiknya coba cara menampilkan layar HP ke laptop dengan usb tanpa perlu melakukan proses rooting terlebih dahulu.

Saat ini perangkat seperti HP dan laptop memang sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sudah tidak bisa lepas dari berbagai kalangan. Hampir sebagian besar aktivitas tentunya akan menjadi lebih mudah dengan bantuan kedua perangkat ini. Mulai dari kegiatan belajar, bekerja, bermain game, editing video, dan berbagai aktivitas lainnya.

Terlebih saat ini Anda sudah bisa menghubungkan HP Anda ke laptop dengan sangat mudah dan simpel. Hal ini bisa dilakukan berkat hadirnya teknologi Mirroring yang bisa Anda gunakan untuk berbagai macam keperluan.

Untuk melakukan mirroring pada HP ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah dengan menggunakan kabel USB, wifi, bluetooth, dan lain sebagainya. Selain menggunakan bantuan perangkat penghubung tentunya dibutuhkan aplikasi tambahan yang berfungsi untuk melakukan mirroring tersebut, diantaranya adalah Miracast, Scrcpy, dan lain sebagainya.

Khusus pada pembahasan kali ini, akan dibagikan pada Anda bagaimana cara menampilkan layar HP ke Laptop dengan USB. Hal ini tentunya dipilih karena bisa lebih mudah untuk dilakukan.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

Untuk memulai proses mirroring menggunakan USB untuk membuat layar HP terhubung ke laptop, Anda tidak perlu root HP Anda terlebih dahulu. Namun, sebelumnya Anda harus mengunduh dan memasang aplikasi tambahan yang sebelumnya sudah disebutkan.

Untuk itu, bagi Anda yang memang sedang membutuhkan cara menampilan layar HP ke laptop. Berikut langkah yang harus Anda ikuti agar tampilan layar HP bisa tampil di laptop dengan bantuan USB dan salah satu aplikasi tambahan bernama Scrcpy.

1. Atur Debugging USB

  • Langkah Pertama: Silahkan Anda buka terlebih dahulu aplikasi Settings atau Pengaturan yang ada di HP. Seperti yang ada pada gambar dibawah ini.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop

 

  • Langkah Kedua: Lalu, silahkan Anda gulir ke bawah hingga Anda menemukan menu Pilihan pengembang.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop

 

Catatan: Opsi ini bisa Anda temukan jika sebelumnya opsi pengembang sudah diaktifkan. Cara untuk mengaktifkan opsi ini adalah dengan masuk ke menu Tentang Ponsel > Informasi perangkat lunak > Lalu ketuk beberapa kali Nomor versi sampai muncul pemberitahuan “Mode pengembang sudah diaktifkan”.

  • Langkah Ketiga: Setelah itu, silahkan masuk ke menu Pilihan Pengembang. Lalu aktifkan mode ini.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop

 

  • Langkah Keempat: Setelah Anda mengaktifkan Pengembang yang ditandai dengan berubahnya toggle menjadi warna biru, nantinya Anda akan mendapatkan notifikasi. Silahkan klik Oke.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop

 

  • Langkah Kelima: Selanjutnya, pada salah satu menu yang ada dalam Pilihan Pengembang yakni Debugging USB. Silahkan aktifkan juga fitur ini.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop

 

  • Langkah Keenam: Selesai. Jika USB Debungging yang ada di HP sudah diaktifkan, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya yakni menghubungkan layar HP ke laptop.

2. Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop

  • Langkah Pertama: Sebelum mulai menghubungkan agar layar HP bisa tampil di laptop, Anda terlebih dahulu harus mengunduh file yang nantinya akan digunakan sebagai aplikasi pendukung. Aplikasi ini berguna untuk penghubung HP ke laptop. Silahkan download aplikasinya – Download Scrcpy.
  • Langkah Kedua: Setelah masuk ke halaman download, silahkan gulir ke bawah hingga Anda menemukan file downloadnya. Pilih file yang akan di download sesuai dengan arsitektur Windows yang Anda gunakan. Jika Windows yang Anda gunakan 32 bit maka pilih Scrcpy-win32-v1.17. zip, sedangkan jika windows yang Anda gunakan 64 bit silahkan pilih Scrcpy-win64-v1.17.zip

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop

 

  • Langkah Ketiga: Silahkan tunggu sampai proses unduh file selesai.
  • Langkah Keempat: Jika proses unduh sudah selesai, silahkan ekstrak file download terlebih dahulu.
  • Langkah Kelima: Lalu, hubungkan HP Anda ke laptop dengan menggunakan USB.
  • Langkah Keenam: Berikutnya, silahkan buka folder dari hasil ekstrak file yang sudah di download. Dalam folder tersebut Anda akan melihat file bernama scrcpy-console. Sesuai dengan yang ditunjukkan pada gambar yang ada dibawah. Silahkan Anda klik dua kali file tersebut.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop

 

  • Langkah Ketujuh: Nantinya jendela CMD akan terbuka, Silahkan tekan enter jika Anda melihat tulisan “Press any key to continue..”.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop

 

  • Langkah Kedelapan: Jika sudah, Anda tinggal masuk kembali ke folder yang sudah di ekstrak dan klik dua kali pada file Scrcpy-console lagi. Nantinya Anda akan melihat ada jendela baru yang muncul untuk meminta Anda mengizinkan proses debugging USB dengan laptop. Silahkan klik Oke.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop

 

  • Langkah kesembilan: Setelah Anda memberi izin tersebut,  tampilan HP Anda sudah bisa dilihat pada layar laptop. Tampilannya kira-kira akan seperti gambar dibawah ini.
Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop

Foto: smartprix.com

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai cara menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Aplikasi Scrcpy menggunakan USB. Cara ini bisa Anda lakukan tanpa harus membuat HP dalam keadaan di root terlebih dahulu.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan selain Scrcpy, namun aplikasi ini dipilih untuk pembahasan kali ini karena lebih simpel untuk digunakan. Selain itu, aplikasi ini cukup ringan dijalankan dan tidak perlu diinstal di Laptop sehingga tidak akan memberatkan atau mengambil ruang penyimpanan.

Dengan menampilkan layar HP di Laptop, Anda tentunya akan cukup terbantu jika hendak melakukan beberapa hal. Salah satunya adalah merekam aktivitas yang ada di HP ketika hendak membuat sebuah tutorial, memainkan game HP dengan tampilan yang lebih luas, melihat foto/video yang ada di HP dengan lebih jelas, dan lain sebagainya.