3 Cara Menambahkan Font di HP Android Tanpa Root

Font bawaan yang tersedia di HP Android adalah font terbaik yang dipilih oleh pengembang sistem operasi Android yang tentunya dipilih dengan berbagai macam pertimbangan. Pertimbangan tersebut didasarkan pada beberapa indikator seperti mudah untuk dibaca, nyaman dilihat, simpel, dan lain sebagainya. Namun, jika terlalu lama hanya menggunakan font tersebut tentunya akan memunculkan rasa bosan sehingga font bawaan tidak menarik lagi untuk digunakan.

Jika Anda sudah mulai bosan dengan font yang tersedia di HP Android, jangan khawatir karena Anda bisa melakukan kustomisasi dengan melakukan penambahan font sesuai yang Anda sukai.

Selain menggunakan pengaturan bawaan, Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi yang memang dihadirkan untuk memberikan pilihan font lain yang bisa digunakan untuk mengganti font bawaan.

Jika Anda salah satu pengguna HP Android yang sudah mulai bosan dengan font yang digunakan saat ini, silahkan Anda coba beberapa cara yang akan dibagikan dibawah ini.

Cara Menambahkan Font di HP Android

Tentunya jika ingin menambahkan font baru Anda harus mengetahui bagaimana cara menambahkan font di HP Android. Proses penambahan yang dilakukan ternyata cukup mudah karena HP Anda tidak perlu melakukan root terlebih dahulu, karena sudah tersedia di sistem HP Android.

Jika Anda ingin menambahkan font baru, Anda bisa menggunakan pengaturan bawaan atau menggunakan aplikasi khusus untuk mengganti font HP Android yang akan diulas di bawah ini.

1. Cara Menambahkan Font di HP Android Tanpa Aplikasi

Cara pertama yang bisa Anda coba lakukan adalah menginstal font tanpa bantuan aplikasi tambahan. Anda hanya tinggal menggunakan pengaturan atau setelan yang sudah disediakan di HP Android Anda.

Namun, untuk cara ini setiap merek HP punya pengaturan yang berbeda. Cara yang akan dibagikan dibawah ini bisa Anda gunakan jika HP yang dimiliki adalah HP Samsung.

Jika Anda ingin menggunakan cara ini, silahkan langsung ikuti saja setiap langkah-langkah yang tersedia di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka Pengaturan atau Setelan di HP Android Anda.
  • Setelah masuk dalam menu pengaturan, silahkan Anda pilih Tampilan.

Cara Menambahkan Font di HP Android

  • Kemudian pilih Opsi Gaya dan Ukuran Font > lanjut dengan memilih opsi Gaya huruf.

Cara Menambahkan Font di HP Android

  • Anda akan melihat ada beberapa jenis font yang disediakan oleh sistem, silahkan Anda pilih. Namun jika Anda tidak terlalu suka dengan jenis font yang tersedia, lanjut dengan tekan Unduh font.

Cara Menambahkan Font di HP Android

  • Selanjutnya Anda akan diarahkan ke Font store, pilih font yang tersedia secara gratis atau berbayar.
  • Klik ikon download di samping font yang Anda pilih.

Cara Menambahkan Font di HP Android

  • Setelah itu kembali ke bagian jenis font. Anda akan melihat font yang sudah di download akan muncul.
  • Pilih font tersebut, dan sistem akan otomatis menyesuaikan tampilan sesuai font yang dipilih.

Cara Menambahkan Font di HP Android

2. Cara Menambahkan Font di HP Android dengan Aplikasi HiFont

Berikutnya untuk menambahkan font di HP Android bisa menggunakan bantuan aplikasi HiFont. Jadi untuk menambah font lain selain yang disediakan Anda harus menginstal aplikasi ini terlebih dahulu. Langkahnya bisa Anda ikuti dibawah ini.

  • Silahkan instal terlebih dahulu aplikasi HiFont melalui Google Play Store.
  • Setelah itu, buka aplikasinya dan pilih kategori font yang Anda sukai.
  • Dalam kategori tersebut Anda akan melihat berbagai macam jenis font. Silahkan pilih sesuai yang Anda inginkan.
  • Sebelum Anda mengunduh font yang dipilih, Anda bisa melihat preview atau tampilan dari jenis tulisan yang dipilih. Jika sudah cocok, langsung klik Download.
  • Setelah font berhasil di download, silahkan tekan Gunakan untuk menerapkan font tersebut di HP Android Anda.

3. Cara Ganti Font Android Menggunakan iFont

Selain menggunakan aplikasi HiFont, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain yang juga memiliki fungsi untuk mengganti font HP Android. Aplikasi ini juga sudah cukup populer dan banyak digunakan di Play Store, aplikasi tersebut bernama iFont.

Untuk mengganti font menggunakan aplikasi ini juga sangat gampang, Anda tinggal mengikuti setiap langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  • Pertama-tama silahkan Anda Instal terlebih dahulu aplikasi iFont melalui Google Play Store.
  • Jika sudah berhasil terinstal di HP Android Anda, silahkan pilih font yang Anda suka. Ada berbagai macam font yang bisa Anda pilih di aplikasi ini.
  • Jika Anda sudah memilih font tersebut, silahkan klik tombol download.
  • Tunggu sampai proses download selesai kemudian pilih Set. Setelah itu, akan muncul kotak dialog, Anda tinggal menekan OK.
  • Setelah itu, Anda akan diminta untuk menginstall yang sudah di download. Lanjut dengan tekan tombol instal.
  • Jika proses instal font sudah selesai, Anda akan secara otomatis dibawa ke halaman setting font.
  • Silahkan cari font yang sudah Anda download, lalu terapkan dengan menekan tombol Done.
  • Anda akan melihat font di HP Android Anda berubah sesuai dengan font yang dipilih.

Namun, langkah yang ada di atas hanya bisa digunakan pada beberapa merek HP saja, salah satunya adalah Samsung. Karena pada saat digunakan pada HP Xiaomi, langkah diatas hanya berhenti sampai pada tahap download font saja dan pada saat font akan diinstal atau digunakan tidak bisa dilakukan.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai cara menambahkan font di HP Android. Sebaiknya gunakan terlebih dahulu cara pertama, karena tidak perlu lagi menambah aplikasi lain, yang tentunya akan mengambil ruang penyimpanan lebih di HP yang Anda miliki.

Selain membuat ruang penyimpanan HP penuh, sebagian besar aplikasi font juga biasanya hanya bisa digunakan di beberapa merek HP, sementara untuk beberapa merek lain harus memerlukan akses root.