Cara Memulai Bisnis Franchise Untuk Pemula | Dijamin Berhasil

Apa itu franchise? Franchise atau bisnis waralaba adalah trend bisnis yang mulai menjangkit dunia usaha di Indonesia, mulai dari franchise makanan, minuman hingga jasa pendidikan. Pada dasarnya, pengertian bisnis franchise sendiri merupakan perjanjian pembelian hak untuk menjual sebuah produk atau jasa dari pemilik bisnis.

Meski terlihat mudah, namun pada kenyataannya sistem dalam bisnis franchise ini tidak serta merta berhasil dijalankan tanpa strategi yang tepat. Untuk itu melalui artikel berikut kami akan membagikan cara memulai bisnis franchise yang bisa dicoba. Pemula wajib tahu, nih!

Cara Memulai Bisnis Franchise Untuk Pemula

Menyesuaikan Bisnis dengan Passion atau Hobi

Ya, ada banyak sekali pilihan bisnis franchise yang bisa dipilih dan dijalankan, mulai dari franchise kuliner, salon, kafe, restoran hingga mini market. Tetapi sebagai langkah awal cara memulai bisnis franchise untuk pemula adalah menyesuaikan bisnis dengan passion atau hobi yang benar – benar Anda minati dan kuasai, baik itu dari segi pengetahuan, target market maupun rencana promosi dan pengelolaannya.

Menjalankan suatu bisnis sesuai passion pastinya akan semakin memperkuat Anda untuk lebih bertahan, bahkan meski sedang menghadapi berbagai masalah dan tantangan dalam berbisnis.

Kenali Franchise yang Ingin Dibeli

Sebelum memutuskan untuk menjalankan jenis bisnis franchise ini, Anda juga disarankan untuk mengenali terlebih dulu brand atau merek, ketentuan fee serta sistem franchise dengan baik. Umumnya, setiap perusahaan yang menawarkan franchise memiliki standar operasional yang ketat sebagai upaya untuk menjaga brand atau merek awareness mereka.

Semakin baik dan ketatnya sistem di dunia bisnis franchise tersebut, artinya semakin layak sebuah franchise untuk Anda pilih. Tidak hanya sistemnya saja, tetapi juga masih ada pertimbangan lainnya yang harus Anda kenali dalam memilih franchise. Contohnya seperti masalah fee.

Biasanya setiap franchisor memiliki aturan masing – masing dalam hal pembagian fee. Untuk itu Anda harus lebih teliti dan jangan lupa untuk mempelajari dengan baik sisteem pembagian fee tersebut. Dengan begitu Anda pun tidak akan merasa dirugikan di kemudian hari. Selain itu, Anda juga perlu mempelajari indikasi atau kemungkinan franchisor untuk mengubah kebijakannya diwaktu yang akan datang.

Harga yang Terjangkau

Harga bisa dibilang menjadi salah satu hal yang tidak kalah pentingnya untuk Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memulai franchise. Apabila Anda merupakan seorang pemula di bidang bisnis franchise ini, maka Anda bisa memilih franchise yang menawarkan harga terjangkau, tetapi dengan tidak mengesampingkan kualitasnya.

Menyiapkan Sistem yang Baik

Sebagai pemula yang baru membeli franchise pastinya lebih sering menemukan berbagai masalah hingga akhirnya membuatnya mengalami kerugian, hingga kebangkrutan. Masalah yang seperti ini terkadang bukan karena kerja di lapangan yang kurang optimal, tetapi dikarenakan sistem yang dibuat ternyata memiliki banyak kekurangan.

Untuk itu, sebelum memulai memasarkan program franchise pastikan sudah terencana dengan baik. Anda juga perlu melakukan pengecekan sistem dengan optimal. Bila perlu, silakan lakukan konsultasi berlapis dengan seseorang yang sudah lebih maju tentang bisnis franchise. Hal ini mungkin akan memakan waktu dan biaya yang banyak, tetapi hasil yang didapat pastinya tidak akan mengecewakan.

Membuat Keuntungan yang Bertumbuh

Apapun jenis bisnis yang dijalankan, sebuah bisnis sangat tidak layak dikembangkan jika masih mengalami kerugian. Jadi, satu – satunya cara agar bisnis tersebut layak dikembangkan adalah dengan membuat keuntungan bertumbuh.

Keuntungan yang bertumbuh ini bisa didapatkan jika dalam kurun waktu tertentu bisnsi Anda meemiliki kecenderungan mencetak untung. Oleh karenanya, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menetapkan target pendapatan. Anda juga perlu mengupayakan agar selalu mencapai target tersebut dan pastikan Anda akan selalu berhasil menaikkan target untuk periode waktu selanjutnya.

Mengenali Potensi Pasarnya

Cara memulai bisnis franchise selanjutnya adalah kenali potensi pasarnya. Jangan sampai segemen pasar berbeda dari target Anda selama ini. Untuk itu penting bagi Anda untuk mengenali daya beli, kebutuhan dan minat masyarakat terhadap produk yang akan Anda tawarkan.

Dalam hal ini Anda juga perlu memiliki analisa yang bagus mengenai potensi maupun segmentasi pasar. Hal tersebut penting sebab ada kaitannya dengan ketepatan pengembalian modal bisnis franchise yang akan Anda jalankan dan berapa lamanya suatu bisnis dapat bertahan.

Menyiapkan Modal Bisnis yang Cukup

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada banyak pilihan franchise yang bisa dijadikan alternatif untuk memulai usaha, mulai dari franchise dengan modal kecil hingga yang paling besar. Namun sayangnya, tidak selamanya kesuksesan dalam menjalankan bisnis franchise ditentukan oleh besar kecilnya modal yang dikeluarkan, akan tetapi ditentukan oleh kreativitas dan inovasi.

Siapkan saja modal bisnis dengan baik, tetapi jangan hanya bersandar pada simulasi hitungan modal yang diberikan oleh pewaralaba. Kadang kalanya modal yang dibutuhkan bisa jadi membengkak sehingga proses pengembalian modal pun jadi lebih lama dari yang diharapkan sebelumnya.

Memilih Tempat atau Lokasi yang Strategis

Ketika Anda memutuskan untuk membeli franchise, hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah mengenai tempat atau lokasi berbisnis. Pastikan Anda sudah memilih lokasi bisnis yang strategis. Lokasi strategis di sini adalah yang lokasi yang sesuai dengan jenis franchise yang dipilih, target market dan potensi bisnis di wilayah tersebut.

Misalnya jika Anda ingin membeli franchise kafe, biasanya yang menjadi target market untuk jenis bisnis offline satu ini adalah pelajar, mahasiswa, karyawan dan komunitas, untuk itu pilih lokasi kafe di dekat sekolah, kampus dan kawasan perkantoran.

Membuat Prospek Bisnis yang Bagus

Pada jenis bisnis franchise diperlukan lebih dari sekadar brosur. Caranya mudah sekali, yakni sama seperti membuat proposal bisnis. Hanya saja Anda perlu melampirkan laporan keuangan selama beberapa periode tertentu untuk menunjukkan perusahaan franchise mengalami keuntungan.

Tetap Fokus Pada Bidang Franchise Tertentu

Berikutnya, Anda harus tetap fokus pada bidang bisnis franchise tertentu. Jika Anda tetap fokus pada bidang usaha yang akan digeluti secara tepat dan memiliki fokus terarah maka sebuah bisnis akan menuai kesuksesan.

Pada dasarnya pemilihan bidang bisnis yang tidak terarah hanya akan menyulitkan Anda ketika mengelola bisnis tersebut. Untuk itu, penentuan bidang bisnis perlu dilakukan secara spesifik guna memudahkan Anda dalam pengurusan izin atau legalitas, juga menjamin masa depan bisnis baik dari sisi pemasaran dan menjamin perkembangan bisnis Anda di berbagai wilayah.

Selain itu, apabila Anda ingin bisnis berkembang dan bertahan dalam kurun waktu panjang, maka Anda bisa meemilih bidang bisnis franchise yang tak hanya mengandalkan trend dan bagus saat ini saja, tetapi juga mampu bertahan hingga masa – masa mendatang. Dalam prosesnya Anda perlu membentuk sebuah holding company dengan cara meenentukan bidang bisnis yang memiliki cakupan luas. Setelah itu, silakan buat spesialisasi bisnis untuk memudahkan operasionalnya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara memulai bisnis franchise untuk pemula. Semoga bermanfaat.