2 Cara Memindahkan Kontak HP ke Gmail

Jika dulunya layanan email yang banyak digunakan adalah Yahoo Mail, tentunya saat ini sudah jauh berbeda karena hadirnya layanan email dari Google. Sebagai perusahaan raksasa tentunya Google senantiasa menghadirkan berbagai aplikasi yang bisa membuat para penggunanya mendapatkan kemudahan dalam berbagai hal.

Salah satu layanan Google yang saat ini cukup banyak digunakan adalah Google Mail atau Gmail yang menjadi layanan email yang saat ini paling populer. Dalam waktu yang singkat kehadiran Gmail berhasil menghilangkan dominasi Yahoo Email. Salah satu hal yang membuat layanan email ini banyak digunakan adalah ketersediaan kapasitas sebesar 15 GB yang tentunya membuatnya lebih banyak digunakan dari layanan email lainnya.

Sejak pertama kali diluncurkan, Gmail sudah mengalami berbagai macam perubahan. Perubahan tersebut diantaranya terjadi pada bagian tampilan antarmuka yang tentunya juga sudah disertai dengan fitur baru. Bahkan saat ini Anda sudah bisa mengirim email yang terjadwal, misalnya email yang dibuat hari ini akan dikirimkan untuk Esok hari.

Tak hanya itu, ada beberapa fitur lain yang ditawarkan Gmail. Diantara fitur yang bisa dibilang cukup penting adalah fitur penyimpanan kontak bagi pengguna yang ingin memindahkan kontaknya dari HP ke akun Google (Gmail).

Cara Memindahkan Kontak HP ke Gmail

Cara memindahkan kontak HP ke Gmail

Jika Anda memiliki banyak sekali kontak di HP dan ingin mengamankan semua kontak tersebut, maka salah satu solusinya adalah dengan memindahkan kontak yang ada ke Gmail. Cara yang satu ini sangat berguna bagi Anda yang biasanya sering bergonta-ganti HP atau kartu SIM. Dengan kontak yang berada di Gmail Anda akan lebih mudah untuk melakukan pemulihan kontak saat Anda ingin berganti perangkat HP.

Nantinya untuk memulihkan kontak, Anda hanya perlu login kembali menggunakan akun Gmail. Dengan adanya cara ini Anda tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan kontak yang ada di HP. Bagi Anda yang ingin mengamankan kontak yang dimilikinya ada 2 cara yang bisa digunakan, silahkan ikuti setiap langkah berikut.

Menggunakan fitur pindahkan kontak

  • Pertama, silahkan Anda buka aplikasi Kontak yang ada di HP.

Cara Memindahkan Kontak HP ke Gmail

 

  • Setelah itu, klik ikon tiga garis sejajar di sebelah kiri.

Cara Memindahkan Kontak HP ke Gmail

 

  • Lalu, silahkan gulir ke bawah hingga menemukan Kelola Kontak.

Cara Memindahkan Kontak HP ke Gmail

 

  • Nantinya akan ditampilkan beberapa menu, pilih Pindahkan kontak.

Cara Memindahkan Kontak HP ke Gmail

 

  • Pada bagian Dari pilih dari mana lokasi kontak yang Anda ingin pindahkan, apakah dari Telepon, SIM, atau Google (akun Gmail). Silahkan pilih salah satunya dengan tekan bagian yang dipilih. Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk memilih kontak mana saja yang ingin dipindahkan jika hanya ingin memindahkan kontak tertentu, jika semua kontak ingin dipindahkan langsung tekan Selesai.

Cara Memindahkan Kontak HP ke Gmail

 

  • Lalu pada bagian Ke pilih lokasi tempat kontak yang Anda sudah pilih untuk dipindahkan, ada beberapa pilihan yakni Telepon, SIM, atau Google (akun Gmail). Karena pembahasan ini khusus untuk memindahkan kontah ke Gmail, maka silahkan Anda pilih Google lalu klik Pindah.

Cara Memindahkan Kontak HP ke Gmail

 

  • Setelah itu, tunggu proses pemindahan kontak selesai. Lamanya proses ini bergantung dengan berapa banyak jumlah kontak yang dipindahkan.

Menggunakan fitur Impor/ekspor kontak

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Kontak di HP Anda.
  • Setelah itu, silahkan tekan ikon tiga garis sejajar yang terletak di bagian kiri atas.
  • Lalu, gulir ke bawah sampai Anda menemukan menu Kelola kontak.
  • Nantinya akan muncul beberapa pilihan menu diantaranya, Gabungkan kontak, Impor/ekspor kontak, Pindahkan kontak, Sinkronkan Kontak, dan Lokasi penyimpanan default. Silahkan Anda pilih menu Impor/ekspor kontak.

  • Berikutnya tekan Ekspor dan pada bagian Ke tentukan kemana tempat tujuan kontak akan diekspor.

Cara Memindahkan Kontak HP ke Gmail

  • Silahkan pilih Penyimpanan internal, Kartu SD, atau SIM. Silahkan pilih dengan menekan salah satunya, kemudian klik Ekspor.

Cara Memindahkan Kontak HP ke Gmail

  • Setelah data kontak sudah di ekspor ke lokasi yang sudah ditentukan. Lanjut dengan masuk ke Impor, pada bagian Dari pilih lokasi tujuan Ekspor yang sudah dilakukan pada langkah sebelumnya.

Cara Memindahkan Kontak HP ke Gmail

  • Setelah itu, pada bagian Ke silahkan pilih akun Gmail tempat Anda akan memindahkan kontak, kemudian klik Impor.

Cara Memindahkan Kontak HP ke Gmail

Cara menggunakan file kontak yang di ekspor di HP lain?

Nantinya untuk kontak yang telah di ekspor akan dihadirkan dalam bentuk file dengan format .vcf. Nah, file inilah yang nantinya Anda bisa gunakan di HP lain yang Anda miliki. Caranya dengan menyimpan file kontak dengan format .vcf tersebut ke MicroSD. Nantinya di perangkat HP lainnya, Anda tinggal masukkan microSD tersebut lalu buka aplikasi Kontak > Kelola kontak > Ekspor/Impor > Setelah itu pilih leta file MicroSD dan klik Impor.. Setelah itu, sistem akan membaca file ekspor yang Anda simpan di microsD dan memproses semua kontak yang dimuatnya.

Catatan: Cara yang sudah dibahas di atas dilakukan dengan menggunakan HP Samsung A8 2018. Tentunya setiap HP memiliki cara tersendiri untuk melakukan pemindahan kontak HP ke Gmail. Namun, cara yang sudah dijelaskan diatas setidaknya menjadi gambaran bagaimana cara untuk melakukan pemindahan kontak HP ke Gmail dengan mudah dan simpel.

Akhir Kata

Itulah cara memindahkan kontak HP ke Gmail. Sebenarnya kedua cara yang ada di atas hampir sama namun menggunakan menu yang berbeda. Tentunya dengan menyimpan kontak yang ada di HP ke Gmail, adalah salah satu langkah untuk berjaga-jaga jika nantinya HP atau kartu SIM mengalami kerusakan.

Jika HP atau kartu SIM yang digunakan rusak, Anda tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan data kontak yang ada di HP. Anda bisa menggunakan HP lain, lalu login menggunakan akun Gmail yang digunakan sebagai tempat untuk memindahkan kontak yang ada di HP. Nantinya secara otomatis semua kontak dalam Gmail tersebut akan dimunculkan ke dalam daftar kontak yang Anda gunakan.