2 Cara Lacak HP Samsung Hilang dengan Mudah

Setiap vendor HP tentunya sudah menyediakan sistem keamanan tersendiri untuk setiap HP yang dihadirkannya. Misalnya saja Samsung yang sangat memperhatikan keamanan dan kenyamanan bagi setiap pengguna yang menggunakan produk mereka. Salah satu fitur keamanan tersebut adalah pelacakan lokasi yang tentunya akan sangat berguna bagi pengguna untuk mengetahui dimana lokasi HP berada. Sehingga cara lacak HP Samsung hilang bisa dengan mudah dilakukan.

Samsung sendiri sudah menyediakan fitur pelacakan lokasi bawaan dengan memanfaatkan penggunaan Samsung Account. Namun, untuk bisa menggunakan fitur pelacakan yang sudah disediakan ini tentunya harus ada syarat yang dipenuhi. Untuk itu, jika Anda sedang kehilangan HP Samsung dan ingin melacak dimana lokasinya, pastikan terlebih dahulu apakah sudah memenuhi syarat yang ada dibawah ini.

Syarat untuk Melacak HP Samsung Hilang

Agar fitur pelacakan HP Samsung bisa berfungsi, ada 2 cara yang bisa digunakan yakni dengan menggunakan Samsung Account dan Google Account. Kedua akun tersebut harus sudah dalam keadaan login pada HP yang hilang. Jika kedua akun tersebut ternyata tidak login, maka cara lacak HP Samsung yang hilang tidak akan bisa dilakukan. Namun, jika sebelumnya Anda sudah login ke salah satu akun tersebut, silahkan ikuti setiap langkahnya yang akan diulas kali ini.

Syarat lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah memastikan jika HP yang hilang terkoneksi dengan internet yang stabil dan aktif. Jika HP yang hilang dalam keadaan tidak diaktifkan atau internet tidak terhubung, maka proses pelacakan HP nantinya tidak akan bisa berhasil dilakukan.

Cara Lacak HP Samsung Hilang dengan Mudah

Setelah memastikan jika semua syarat yang disebutkan diatas sudah terpenuhi pada HP Samsung yang hilang, Anda tinggal membuka browser melalui HP atau Laptop. Namun, sebaiknya Anda menggunakan laptop untuk mempermudah penggunaan fitur pelacakan yang ada.

Berkut cara yang bisa Anda lakukan untuk melacak HP Samsung hilang dengan mudah.

1. Menggunakan Samsung Account

Sebagian besar HP Samsung sudah disertai dengan fitur bawaan yakni Samsung Account yang dihadirkan dengan berbagai fungsi dan manfaat. Jika HP yang hilang tersebut sebelumnya sudah login menggunakan Samsung Account, silahkan langsung saja ikuti cara yang akan diberikan berikut ini.

Cara Lacak HP Samsung Hilang

  • Kemudian, pada halaman login masukkan email dan password Samsung Account yang digunakan di HP Samsung yang hilang dan klik Sign in atau Masuk.
  • Setelah login, nantinya secara otomatis akan terlihat dimana lokasi tersebut berada. Pastikan jika Network status atau status jaringan dalam keadaan terhubung dengan jaringan internet agar HP bisa terlacak.

  • Untuk bisa memulai pelacakan dimana detail lokassi HP berada, silahkan pilih Track Location/Lacak Lokasi dan tunggu beberapa saat. Nantinya setelah proses selesai, seilahkan lihat dimana lokasi HP Anda berada.

Cara Lacak HP Samsung Hilang

  • Jika Anda menlihat HP tersebut berada dilokasi Anda berada, mungkin saja Anda hanya lupa dimana Anda meletakkannya di rumah. Untuk itu, langsung saja pilih RingĀ yang nantinya akan membuat HP Anda berdering.

Cara Lacak HP Samsung Hilang

  • Pada saat menggunakan fitur tersebut HP akan berdering dengan volume maksimak, meskipun HP di setel dalam keadaan hening atau getar.
  • Selesai

Jadi, untuk HP yang memang jatuh atau dicuri oleh orang, silahkan manfaatkan fitur Track Location/Lacak Lokasi agar Anda bisa mengetahui dimana lokasi HP berada. Namun, jika hanya teledor atau lupa dimana HP tersebut diletakkan di rumah, Anda tinggal pilih Ring agar HP mulai berdering.

Sebenarnya masih ada beberapa fitur yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pelacakan HP Samsung Hilang, selain Track Location dan Ring. Anda tinggal memilih fitur yang tersedia sesuai dengan kebutuhan.

2. Menggunakan Google Account

Selain Samsung Account, HP Samsung juga tentunya sudah memiliki Google Account atau Gmail yang dibutuhkan pada saat pertama kali akan mengoperasikan HP. Hal ini memang sudah menjadi salah satu prasyarat bagi hampir semua HP yang menggunakan sistem operasi Android, Nantinya Google Account tersebut juga digunakan untuk bisa mengakses Google Play Store. Jadi, karena sudah tersedianya Google Account ini di dalam HP Samsung, tentunya akan memudahkan pada saat proses pelacakan.

Ada dua cara yang bisa dilakukan ketika menggunakan Google Account, yakni menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi. Anda tinggal memilih mana cara yang paling mudah.

Tanpa Aplikasi

  • Kunjungi terlebih dahulu website google.com/android/find.
  • Setelah itu, login ednegan menggunakan akun Gmail yang sama dengan akun Gmail yang digunakan pada HP Samsung yang hilang.
  • Jika sudah berhasil login, Anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini.Cara Lacak HP Samsung Hilang
  • Di halaman tersebut, Anda bisa melihat dimana lokasi HP saat ini berada, Selain itu, ada beberapa fitur yang bisa Anda gunakan seperti putar suara, amankan perangkat, dan hapus semua data yang ada di perangkat.

Dengan Aplikasi

  • Pertama, silahkan instal terlebih dahulu aplikasi Find My Device melalui Google Play Store.
  • Setelah terinstal, buka aplikasinya dan login dengan menggunakan akun Gmail yang sama dengan HP yang hilang.
  • Setelah login, Anda akan melihat dimana lokasi perangkat dan bisa menggunakan beberapa fitur yang sudah disediakan seperti memutar suara, amankan perangkat, dan hapus perangkat.
  • Kelebihan menggunakan Google Account dengan aplikasi Anda bisa membuka lokasi HP menggunakan Google Maps. Untuk membuka Google Maps, silahkan klik icon Google Maps nantinya secara otomatis Google Maps akan terbuka dan langsung mengarah ke lokasi dimana HP berada.

Cara Lacak HP Samsung Hilang

  • Selesai.

Agar Google Maps bisa melakukan pelacakan lokasi, syarat yang harus dipenuhi oleh HP yang hilang adalah harus fitur GPS atau lokasi harus aktif. Untuk itu, sebagai tindakan persiapan untuk berjaga-jaga agar jika nantinya HP hilang Anda tetap bisa melacaknya, pastikan jika Anda mengaktifkan fitur tersebut.

Kesimpulan

Cara lacak HP Samsung hilang memang mudah dilakukan jika beberapa syarat yang sudah disebutkan diatas terpenuhi. Oleh karena itu, sebelum menggunakan salah satu cara diatas, pastikan terlebih dahulu untuk setiap syarat yang dibutuhkan.