Cara Instal Gcam di HP Android di Semua tipe HP

Saat ini Anda bisa menggunakan HP untuk berbagai keperluan, mulai dari bermain game hingga melakukan kegiatan fotografi profesional. Jika biasanya untuk melakukan berbagai kegiatan fotografi profesional harus menggunakan kamera DSLR atau mirrorless, namun saat ini dengan menggunakan HP saja Anda sudah bisa menghasilkan hasil pemotretan yang berkualitas.

Namun, sebagian besar pengguna HP biasanya masih kurang puas dengan hasil kamera bawaan HP. Untuk itu, banyak yang menggunakan aplikasi kamera tambahan yang menghadirkan beberapa fitur menarik yang hampir sama dengan kamera profesional dengan penggunaan yang lebih praktis. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah Google Camer atau yang biasa disebut dengan Gcam.

Hingga tulisan ini dibuat, saat ini versi terbaru dari Gcam yakni 8.1. Awalnya aplikasi ini hanya bisa digunakan pada HP besutan Google yakni Google Pixel namun saat ini hampir sebagian besar merek HP sudah bisa menggunakannya. Salah satu fitur menarik yang dimiliki Gcam adalah Astrophotography mode. Fitur ini membuat Anda bisa mengambil gambar atau memotret berbagai objek astronomi misalnya bintang, bulan, dan sebagainya.

Cara Instal Gcam di HP Android dengan Mudah

Jika Anda tertarik untuk melihat bagaimana hasil pemotretan ketika menggunakan aplikasi ini dan mencoba berbagai fitur yang ditawarkan. Silahkan Anda ikuti langkah yang akan dibagikan dibawah ini.

1. Mengecek Camera2 API di HP Android

Sebelum mulai melakukan penginstalan aplikasi Google Cam atau Gcam di HP Android, Anda sebaiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah HP Android yang Anda gunakan sudah memiliki dukungan Camera2 API.

Camera2 API ini merupakan sebuah framework yang memiliki fungsi untuk memberi izin bagi pengguna atau pengembang Android untuk mengakses fitur manual yang ada di kamera, diantaranya eksposur, ISO, fokus sistem. Dengan kehadiran Camera2 API ini Anda nantinya bisa melakukan berbagai macam pengaturan yang lebih terperinci dalam hal pengambilan gambar atau video.

Lalu bagaimana cara  memastikan jika HP Anda sudah mendukung Camera2 API, silahkan ikuti langkah berikut.

  • Silahkan instal terlebih dahulu aplikasi Manual Camera Compatibility melalui HP yang nantinya akan Anda instal Gcam.
  • Setelah aplikasi tersebut terinstal, buka aplikasinya.
  • Pada bagian halaman awal aplikasi, tekan Start.

Cara Install Gcam di HP

  • Nantinya Anda akan melihat beberapa hasil ditampilkan. Jika setiap hasil yang ditampilkan sudah terceklis seperti gambar yang ada di bawah itu artinya jika HP Anda sudah didukung dengan Camera2 API. Namun, jika di bagian tersebut ada tanda silang berarti HP yang digunakan belum mendukung Camera2 API.

Cara Install Gcam di HP

Setelah Anda memastikan jika Camera2 API sudah didukung pada HP Anda, lanjutkan untuk proses instalasi Gcam. Silahkan simak pembahasan selanjutnya.

2. Cara Instal Gcam di HP Android

Setelah selesai melakukan pemeriksaan dukungan Camera2 API, selanjutnya Anda tinggal melakukan proses instalasi aplikasi Gcam. Untuk itu, berikut cara untuk memasang Gcam di HP.

  • Silahkan buka terlebih dahulu browser Google Chrome melalui HP Android. Perlu dicatat browser yang digunakan harus Google Chrome.
  • Setelah itu, pada bagian pencarian ketik Gcam. Nantinya muncul beberapa hasil pencarian, silahkan pilih website yang muncul paling atas pada hasil pencarian. Klik website tersebut. Atau Anda juga bisa langsung klik link berikut > Gcam.

Cara Install Gcam di HP

  • Lalu pada halaman website gulir ke bagian Download, silahkan pilih modder yang ingin Anda pilih. Biasanya untuk pengguna HP dari Indonesia kebanyakan memilih Urnyx05, Arnova, Wichaya. Tapi ini sesuai dengan keputusan dari Anda ingin memilih yang mana.

Cara Install Gcam di HP

  • Setelah itu, Anda akan melihat ada berbagai macam pilihan versi Gcam mulai dari yang lama hingga paling terbaru.silahkan pilih versi mana yang ingin digunakan dengan memilih file dengan ekstensi atau akhiran .apk.

Cara Install Gcam di HP

  • Anda akan dibawa ke halaman download, silahkan klik link dengan ekstensi .apk.
  • Nantinya akan muncul notifikasi download, klik saja Download.

Cara Install Gcam di HP

  • Tunggu beberapa saat hingga file selesai terdownload.
  • Jika sudah selesai, silahkan buka file apk tersebut dan klik Instal.

  • Nantinya akan muncul notifikasi permintaan izin untuk memasang aplikasi yang tidak dikenal dalam hal ini Gcam di HP Anda. Silahkan tekan tombol yang ada hingga berwarna biru.
  • Silahkan tunggu hingga proses instalasi yang berjalan selesai.
  • Jika sudah berhasil terinstal, buka langsung aplikasinya.
  • Nantinya akan muncul notifikasi untuk memberikan izin akses kamera, mikrofon, lokasi agar bisa berfungsi dengan baik. Jika notifikasi ini muncul silahkan tekan Izinkan.
  • Selesai, Anda sudah bisa menggunakan Gcam dan melihat bagaimana hasil potret ketika menggunakan aplikasi ini.

Cara Install Gcam di HP

Catatan: Pada saat ingin menginstal aplikasi ini biasanya Anda akan mengalami kegagalan, pastikan file Gcam yang Anda download sesuai dengan spesifikasi HP yang digunakan. Biasanya kejadian yang sama juga terjadi jika aplikasi sudah berhasil di instal namun pada saat ingin dibuka terjadi masalah seperti aplikasi tidak bisa dibuka, keluar sendiri, dan permasalahan lainnya.

Akhir Kata

Dengan hadirnya aplikasi kamera tambahan ini, Anda bisa menghasilkan foto yang lebih berkualitas dibandingkan hanya menggunakan aplikasi kamera bawaan. Fitur yang tersedia di Gcam memang jauh lebih baik dan lebih kompleks sehingga pengguna HP bisa melakukan pengaturan yang lebih detail sebelum memulai pengambilan atau pemotretan foto atau video.

Namun, sebelum memasang Gcam menggunakan cara instal Gcam di HP Android yang sudah dibahas kali ini. Sebaiknya Anda melakukan pengecekan atau pemeriksaan terlebih dahulu apakah HP yang Anda gunakan sudah mendukung Camera2 API. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kegagalan pada saat proses instalasi.