Cara Flash HP Android Mudah Tanpa PC

Cara Flash HP Android Mudah Tanpa PC

Kita tahu bahwa saat ini HP memegang peran penting bagi setiap orang, mulai dari orang dewasa hingga anak – anak. Sayangnya, meski segala hal dapat dilakukan dengan mudah dan praktis dengan HP, tapi tidak selamanya HP yang Anda miliki ada dalam keadaan baik – baik saja. Disengaja atau pun tidak terkadang kita melakukan kesalahan saat mengoperasikan pengaturan, hingga menyebabkan HP menjadi bermasalah.

Selain itu, terlalu banyaknya melakukan aktifitas dan tidak tahu cara merawat HP Android yang benar juga bisa menyebabkan beberapa masalah terjadi pada HP Anda. Karena kesalahan tersebut sehingga membuat kinerja HP tidak maksimal, bahkan gagal dalam melakukan fungsi sebagaimana mestinya. Jika sudah demikian, maka Anda harus tahu cara flash HP Android. Berikut ada beberapa langkah mudah flash HP yang bisa Anda coba praktekkan.

Cara Flash HP Android Mudah Tanpa PC

Cara Flash HP Android Mudah Tanpa PC

Ya, dengan melakukan flashing atau install ulang, maka HP Android Anda bisa kembali ke pengaturan awal, seperti saat masih baru. Flash HP juga bisa mengembalikan fungsi HP seperti sedia kala sebelum akhirnya mengalami beberapa kerusakan.

Namun penting untuk diketahui, flash HP tidak bisa mengatasi masalah yang terjadi ketika hardware HP rusak. Itu artinya, flash HP hanya berlaku untuk HP yang mengalami masalah di bagian sistem, atau software. Biasanya HP yang mengalami masalah di bagian tersebut dapat kembali normal setelah di flash atau di install ulang. Jadi, penting bagi Anda untuk simak baik – baik cara flash HP Android tanpa PC di bawah ini.

Pertama

Silakan Anda siapkan terlebih dulu custom ROM tipe HP Android yang akan di flash atau install ulang. File custom ROM bisa didapatkan dengan cara mencarinya di Google, atau dengan menggunakan tools yang tersedia di Android Source.

Jika sudah, silakan simpan file custom ROM tersebut di memori SD. Langkahnya mudah sekali, Anda hanya perlu membuat folder baru khusus custom ROM. Tujuannya, untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencarian file.

Kedua

Untuk langkah selanjutnya adalah mematikan HP Android. Jadi, pastikan daya baterai penuh sebelum mematikan HP Android Anda. Untuk menjaga – jaga flash atau install ulang yang Anda lakukan gagal, Anda juga perlu melakukan backup data. Dengan begitu semua data atau file penting Anda tetap aman dan tidak hilang.

Ketiga

Kemudian lakukan wipe data atau reset, wipe cache partition dan wipe dalvik. Ini adalah salah satu cara untuk membuat sistem operasi di ROM HP Android Anda terhapus tanpa terkecuali. Baru kemudian Anda bisa mulai melakukan flash atau install ROM.

Tak perlu khawatir, data ROM tidak akan terhapus sebab sudah Anda simpan terlebih dulu di memori SD. Caranya, install ZIP yang ada di memori SD atau cari flash ZIP yang ada di folder memori SD yang sudah Anda buat tadi.

Keempat

Silakan ikuti petunjuk yang tertera di layar HP. Tetapi jika layar tidak berfungsi, maka Anda bisa mencoba menggunakan tombol volume up untuk scroll ke atas, volume down untuk scroll ke bawah, dan home untuk memilih opsi yes atau ok.  Langkah terakhirnya adalah melakukan restart pada HP Android dan memilih reboot system now.

Selesai, kini Anda sudah berhasil melakukan flash atau install ulang HP Android. Apabila Anda ternyata mengalami kegagalan dalam flash HP Android, besar kemungkinan disebabkan oleh tipe custom ROM yang ternyata tidak sesuai dengan tipe HP yang Anda miliki. Jadi, penting untuk terlebih dulu memastikan Anda sudah mendownload custom ROM yang sesuai dengan tipe HP Android Anda.

Demikian tadi sedikit cara flash HP Android mudah tanpa PC yang bisa kami bagikan. Semoga informasinya bermanfaat dan membantu.

Back to Top
This page needs javascript and browser cookies enabled !