2 Cara Download Google Meet di Laptop Windows

Selama masa pandemi ini yang setidaknya sudah berlangsung selama 1,5 tahun membuat meeting dan belajar dialihkan menjadi kegiatan online. Untuk itu, banyak orang yang ingin mengetahui cara download Google Meet di laptop agar bisa tetap terhubung dengan aktivitas tersebut. Aplikasi yang satu ini memang menjadi salah satu aplikasi meeting online terbaik yang ada saat ini karena kemudahan penggunaannya dan bisa digunakan secara gratis.

Kebanyakan orang mungkin hanya mengenal aplikasi Zoom padahal aplikasi yang disediakan oleh Google ini tidak kalah bagusnya. Mungkin anda biasanya melihat Google Meet ini diunduh menggunakan HP Android saja melalui Google Play store sehingga praktis dilakukan. Namun, bagaimana jika anda ingin mengetahui bagaimana cara download Google Meet di laptop secara gratis? Untuk itu silahkan simak setiap langkahnya disini.

Cara Download Google Meet di Laptop Windows

Apa Itu Google Meet?

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya jika anda mengenal dulu apa itu Google Meet? Google Meet sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Google dengan fungsi sebagai sarana untuk melakukan aktivitas seperti menelpon dengan video, atau biasa juga disebut Video Conference. Selama masa pandemi COVID-19 ini, banyak yang menggunakan Google Meet sebagai salah satu aplikasi video call, selain Skype dan Zoom.

Aplikasi yang satu ini bisa anda gunakan sebagai sarana untuk melepas rindu dengan keluarga atau sebagai sarana untuk melakukan rapat, bekerja dan belajar secara online.  Sebenarnya apa saja keunggulan dari Google Meet ini? Dan bagaimana cara download Google Meet di Laptop? Simak pembahasan lanjutnya dibawah ini.

Fitur Unggulan Google Meet

Apa sih yang membuat Google Meet memiliki pengguna yang banyak? ternyata ini dikarenakan fitur yang dimiliki Google Meet sangat menarik, diantaranya:

  1. Bisa digunakan secara gratis

Saat menggunakan aplikasi ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuat sebuah rapat virtual. Anda sudah bisa menggunakannya secara gratis namun dibatasi hanya 1 jam saja. Dulunya, Google Meet memang merupakan aplikasi yang berbayar. Namun, saat ini sudah tidak lagi. Jika waktu 1 jam yang diberikan masih sangat kurang, anda bisa membuat room gratis baru.

  1. Mudah digunakan

Keunggulan lain yang dimiliki Google Meet dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya adalah kemudahan menggunakannya. Aplikasi ini bisa digunakan oleh berbagai kalangan baik muda ataupun yang sudah tua.

  1. Terintegrasi dengan Google Calendar

Dengan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Google. Tentunya anda akan mendapatkan berbagai macam keuntungan dan kemudahan, karena bisa sinkron dengan layanan Google lainnya. Misalnya saja jadwal meeting pada saat menggunakan Google Meet bisa diintegrasikan dengan Google Calendar. Jadi, dengan adanya integrasi fitur ini maka anda tidak akan lupa dengan jadwal rapat atau belajar.

  1. Kapasitas room meeting

Google Meet juga menjadi pilihan tepat karena bisa membuat sebuah rapat virtual yang bisa dihadiri 100 orang. Versi gratis saja sudah mendapatkan 100 orang terlebih jika anda berlangganan dengan Google Suites, anda bisa membuat ruangan yang kapasitasnya 250 orang.

  1. Hadirnya layanan enkripsi video

Seharusnya setiap penyedia layanan konferensi video sudah menyediakan fitur enkripsi agar bisa menjaga berbagai data sensitif penggunanya. Hal inilah yang juga menjadi salah satu fitur yang hadir di Google Meet yakni fitur enkripsi. Dengan fitur ini setiap data penggunanya akan dilenyapkan setelah aplikasinya digunakan.

Cara Download Google Meet di Laptop Menggunakan Bluestacks

Cara Download Google Meet di Laptop Windows

Bagi anda yang bertanya mengenai bagaimana cara download Google Meet di laptop, anda bisa memanfaat emulator Bluestacks. Jika anda belum memiliki aplikasi ini, silahkan ikuti setiap langkah berikut.

  1. Silahkan download dan instal terlebih dahulu emulator Bluestack – Download Bluestacks versi Terbaru
  2. Setelah itu, buka emulator ini dan klik ikon Google Play Store.
  3. Lakukan pencarian aplikasi menggunakan kolom pencarian.
  4. Silahkan cari Google Meet dan klik pada aplikasi tersebut.
  5. Silahkan klik Instal untuk memasang Google Meet di laptop.Cara Download Google Meet di Laptop Windows
  6. Google Meet berhasil dipasang di laptop. Klik Continue dan lanjutkan penggunaan.

Tentunya cara download Google Meet di laptop menggunakan Bluestack diatas sudah sangat gambang anda ikuti.

Cara Download Google Meet di Laptop Tanpa Aplikasi

Sebenarnya anda tidak perlu repot lagi mencari cara download aplikasi Google Meet di laptop karena Google Meet sudah bisa dipasang langsung di laptop tanpa harus di instal  terlebih dahulu. Jadi, daripada anda mendownload aplikasi tambahan lagi di laptop untuk menginstal Google Meet, sebaiknya anda ikuti saja cara menggunakan Google Meet di PC berikut ini.

  1. Silahkan buka browser yang biasanya anda gunakan di laptop, Anda bisa menggunakan beberapa browser seperti Chrome, Mozilla Firefox ataupun browser lain.
  2. Lalu kunjungi website resmi dari Google Meet, anda bisa membukanya melalui link di sini.
  3. Jika anda telah berhasil membuka halaman beranda Google Meet, lanjut dengan klik Rapat Baru. Hal ini bertujuan agar anda bisa membuat ruang rapat baru.Cara Download Google Meet di Laptop Windows
  4. Pada saat ada permintaan akses kamera dan mikrofon silahkan anda izinkan agar bisa lanjut menggunakan Google Meet.
  5. Kemudian anda tinggal klik Gabung Sekarang untuk agar nantinya memperoleh link ruang rapat virtual tersebut. Jika ingin melakukan presentasi melalui tampilan layar, pilih Presentasikan.Cara Download Google Meet di Laptop Windows
  6. Anda bisa mengundang peserta lain dengan membagikan link ruang meeting dengan menyalinnya melalui menu Salin info akses.
  7. Anda juga bisa mengundang orang lain melalui email, dengan klik pilihan Tambahkan orang.

Selesai anda tinggal menunggu setiap orang yang ikut meeting. Nah, dengan cara di atas anda sudah tidak pusing lagi mengenai bagaimana cara download Google Meet.

Akhir Kata

Demikianlah cara download Google Meet di laptop yang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tak hanya itu, anda juga bisa membukanya secara langsung tanpa menginstal aplikasinya.