4 Cara Cek Ukuran RAM Laptop dengan MudahKembali

4 Cara Cek Ukuran RAM Laptop dengan Mudah

RAM adalah salah satu komponen perangkat keras yang peranannya cukup penting pada perangkat laptop. Maka dari, tidak heran jika banyak dari penggunanya ingin mengetahui cara cek ukuran RAM laptop yang digunakannya saat hendak membeli laptop baru maupun bekas.

Mengetahui ukuran yang dimiliki RAM laptop cukup penting untuk dilakukan, karena kita bisa mengetahui bagaimana performa laptop tersebut saat digunakan. Hal ini tentunya sangat penting sebelum memutuskan membeli laptop tersebut atau tidak.

Dengan RAM yang memiliki kapasitas besar, anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan, mulai dari memainkan game hingga menjalankan berbagai aplikasi. Meskipun ada berbagai macam faktor yang juga mempengaruhi performa yang dihasilkan oleh sebuah laptop, namun RAM adalah salah satu perangkat keras yang memiliki fungsi yang cukup vital.

Selain RAM, ada perangkat keras lain yang juga menjadi komponen yang cukup vital seperti seperti prosesor dan kartu grafis. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan RAM laptop yang digunakan supaya kebutuhan anda terpenuhi

Cara Cek Ukuran RAM Laptop

Spesifikasi RAM laptop diantaranya meliputi ukuran, tipe, dan jumlah slot mungkin menjadi salah satu hal yang ingin diketahui oleh pengguna laptop. Untuk bisa melihat bagaimana ukuran RAM laptop, anda bisa menggunakan tools bawaan yang ada di Windows ataupun menggunakan aplikasi tambahan dari pihak ketiga.

1. Cara cek ukuran RAM laptop dengan Dxdiag Tools

Dxdiag atau DirectX Diagnostic adalah salah satu tools bawaan yang sudah disediakan oleh sistem operasi Windows. Tools ini memiliki fungsi untuk menampilkan informasi mengenai ukuran sebuah laptop secara keseluruhan. Termasuk diantaranya adalah informasi mengenai RAM laptop.

Berikut cara cek ukuran RAM laptop dengan menggunakan Dxdiag.

  1. Pertama, silahkan tekan kombinasi tombol CTRL + R di keyboard.
  2. Nantinya jendela Run akan terbuka, silahkan ketik dxdiag kemudian klik OK.Cara Cek Ukuran RAM
  3. Tunggu beberapa saat hingga muncul halaman DirectX Diagnostic Tools.Cara Cek Ukuran RAM
  4. Setelah itu anda sudah bisa melihat ukuran RAM yang digunakan laptop pada bagian Memory.
  5. Selesai.

2. Cara cek ukuran RAM laptop dengan System Windows

Selanjutnya anda juga bisa menggunakan aplikasi bawaan lainnya selain DxDiag untuk melihat ukuran RAM laptop yang anda gunakan. Aplikasi tersebut adalah System Windows. Program ini bisa anda temukan mulai dari Windows 7 ke atas.

Jadi, bagi anda yang sudah menggunakan Windows 7 ke atas. Berikut cara melihat ukuran RAM laptop menggunakan System Windows:

  1. Pertama silahkan klik icon pencarian Windows yang terletak pada taskbar sebelah kiri. Klik Start atau icon pencarian Windows.Cara Cek Ukuran RAM
  2. Setelah itu silahkan ketik System lalu pilih program yang muncul seperti gambar dibawah.
  3. Nantinya akan terbuka jendela System Information, silahkan gulir ke bawah sehingga anda menemukan detail mengenai ukuran RAM laptop yang anda gunakan seperti yang ditunjukkan di gambar.Cara Cek Ukuran RAM
  4. Selesai.

3. Cara cek ukuran RAM menggunakan Aplikasi Speccy

Selain menggunakan dua aplikasi bawaan yang disediakan oleh sistem Windows. Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Speccy sebagai salah satu cara cek ukuran RAM laptop. Aplikasi ini memiliki kelebihan pada tampilannya yang simpel sehingga bisa digunakan dengan mudah.

Bagi anda yang ingin mencoba aplikasi yang satu ini, Berikut cara yang harus anda lakukan untuk menggunakannya:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Speccy dari CCleaner.
  2. Setelah berhasil di download silahkan ikuti setiap instruksi yang tersedia.
  3. Jika sudah terinstal, buka aplikasinya dan anda akan melihat ukuran RAM laptop yang anda gunakan pada bagian RAM yang terletak di sebelah kanan.Cara Cek Ukuran RAM
  4. Buka aplikasi tersebut dan Anda akan melihat ukuran RAM laptop pada bagian RAM sebelah kanan.
  5. Jika anda ingin melihat detail lain, silahkan klik bagian RAM tersebut.
  6. Selesai.

4. Cara cek ukuran RAM Laptop dengan CPU-Z

Aplikasi lain yang bisa anda gunakan untuk mengetahui ukuran RAM laptop yang digunakan yakni CPU-Z. Aplikasi ini nantinya bisa memberikan informasi lebih detail mengenai spesifikasi RAM yang digunakan, misalnya ukuran, Tipe, jumlah slot, dan lainnya.

Tipe RAM yang digunakan rasanya perlu untuk diketahui karena nantinya bisa sangat berguna ketika anda ingin mengisi slot RAM yang kosong. Ketika ingin menambahkan slot tersebut RAM yang digunakan harus sesuai tipenya dengan RAM yang sudah ada.

Untuk itu, jika anda ingin mengecek spesifikasi RAM lebih detail, berikut cara cek RAM menggunakan CPU-Z.

  1. Pertama, anda harus download terlebih dahulu aplikasi CPU-Z.
  2. Setelah anda download silahkan langsung instal aplikasinya dan ikuti semua instruksi pada saat proses instalasi.
  3. Selanjutnya, jika aplikasi sudah terinstal. Silahkan Buka CPU-Z dan nantinya anda akan melihat berbagai informasi mengenai hardware dari laptop.
  4. Untuk melihat spesifikasi RAM, silahkan anda klik menu memory.Cara Cek Ukuran RAM
  5. Selesai.

Selain bisa anda gunakan untuk melihat berbagai informasi mengenai RAM laptop, anda juga bisa menggunakan aplikasi CPU-Z untuk berbagai informasi hardware lainnya.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa cara cek ukuran RAM laptop yang bisa anda lakukan dengan mudah dan simpel. Sebenarnya dengan menggunakan tools bawaan yang sudah tersedia di Windows sudah lebih dari cukup untuk mengecek ukuran RAM, namun tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi pihak ketiga.

Setelah mengetahui ukuran RAM laptop, anda sudah bisa menentukan apakah Laptop tersebut bisa digunakan untuk berbagai aktivitas berat. Tak hanya itu penggunaan aplikasi tambahan seperti CPU-Z dan Speccy bisa melihat tipe RAM anda, apakah DDR1, DDR2, DDR3, DDR4, ataukah tipe paling baru DDR5.

Dengan mengetahui tipe tersebut, anda bisa menambahkan slot RAM yang kosong sesuai dengan tipe RAM yang sudah terpasang. Hal ini sangat penting dilakukan karena jika tipe RAM berbeda maka salah satu RAM tidak akan terbaca.

Halaman ini membutuhkan javascript dan direkomendasikan cookie browser diaktifkan!