5 Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Android

Setiap pemilik HP yang menggunakan baterai tanam, sebaiknya tahu bagaimana cara cek kesehatan baterai tanam HP Android. Seiring dengan penggunaan HP, pastinya baterai akan mengalami penurunan performa yang ditandai dengan kesehatan HP yang berkurang.

Lamanya ketahanan baterai sangat bergantung pada aktivitas mobil yang dilakukan sehari-hari oleh penggunanya. Biasanya cara paling mudah untuk mengetahui baterai sehat atau tidak adalah melihat keadaan fisiknya, jika baterai tersebut sudah kembung, hal ini menandakan jika baterai sudah dalam keadaan tidak sehat.

Nah, tentunya untuk melakukan pengecekan baterai lebih detail pada HP dengan jenis baterai tanam memiliki cara yang berbeda. Nah, berikut silahkan anda simak pembahasannya.

Penyebab kerusakan baterai HP

Biasanya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada HP, diantaranya adalah:

  • Umur baterai yang sudah lama.
  • Tidak menggunakan charger bawaan atau original.
  • Memainkan HP pada saat pengisian daya.
  • Sering di cas terlalu lama (terjadi pada HP keluaran lama).
  • dan lain sebagainya.

Cara cek kesehatan baterai tanam

Untuk melakukan pengecekan ada 2 metode yang bisa anda lakukan yakni menggunakan bantuan aplikasi atau tanpa aplikasi.

1. Buka game atau aplikasi berat

Seiring dengan penggunaannya pastinya ketahanan baterai dari HP akan semakin berkurang. Untuk mengecek apakah baterai HP anda masih normal, silahkan gunakan untuk memainkan game berat.

Saat memainkan game berat, maka komponen hardware seperti CPU, GPU (grafis), serta RAM (memori) akan menggunakan banyak resource yang tentunya akan membutuhkan banyak daya dari baterai.

Baterai yang masih normal biasanya akan berkurang sebanyak 1 persen dalam waktu 30 detik hingga 2 menit. Namun, jika kesehatan baterai sudah jelek maka baterai akan berkurang 2-3% dalam waktu hanya 10 detik.

2. Akses kode khusus untuk cek baterai

Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Android

 

Pada setiap merk smartphone punya kode rahasia tersendiri. Kode ini tersedia di berbagai macam smartphone Samsung, Xiaomi, ASUS, OPPO, Vivo, dan sebagainya.

Terlebih untuk HP dengan jenis baterai tanam sebagian besar sudah dilengkapi fitur ini. Caranya sebagai berikut.

  • Silahkan buka aplikasi Telepon atau Panggilan.
  • Setelah itu, ketik kode *#*#4636#*#* lalu tekan ikon panggil.
  • Nantinya akan muncul halaman dengan beberapa menu.
  • Silahkan pilih menu Battery Information atau Battery Statistic.
  • Pada halaman yang dimunculkan menu ini anda akan melihat berbagai informasi mengenai indikator baterai, yang kalau masih bagus, biasanya tertulis Good atau Baik.

Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Android

 

Jika HP yang anda miliki belum bisa menggunakan cara ini, silahkan gunakan cara alternatif dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

3. Menggunakan aplikasi AccuBattery

Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Android

 

Salah satu aplikasi pihak ketiga yang cukup bagus digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap kesehatan baterai HP adalah AccuBattery. Aplikasi ini punya fitur yang memang secara khusus yang berkaitan dengan baterai HP.

Cara menggunakan aplikasi ini sebagai berikut::

  1. Pertama, silahkan instal terlebih dahulu aplikasi AccuBattery melalui Google Play Store.
  2. Lalu, biarkan baterai HP anda habis hingga 0%.
  3. Jika sudah habis, silahkan sambungkan charger ke HP dan nyalakan HP.
  4. Pastikan jika aplikasi AccuBattery sudah berjalan.
  5. Tunggu sampai pengisian daya selesai 100%.
  6. Setelah itu, lepaskan charger dan buka aplikasi AccuBattery. Nantinya anda akan melihat berbagai informasi mengenai kesehatan baterai disertai berapa lama waktu daya tahannya.

Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Android

 

Aplikasi ini memang banyak direkomendasikan oleh berbagai kalangan. Jumlah unduhannya juga sudah lebih dari 1 juta orang. Ini menandakan jika aplikasi ini memang cukup membantu.

4. Gunakan Battery Monitor

Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Android

 

Aplikasi lain yang juga bisa anda gunakan untuk memeriksa kondisi kesehatan baterai adalah Battery Monitor. Hampir sama dengan AccuBattery, aplikasi yang satu ini nantinya akan menampilkan status baterai dan menampilkan kesehatan baterai. Anda bisa mendapatkan aplikasi Battery Monitor ini melalui Play Store.

5. Melepas casing belakang HP

Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Android

 

Cara cek kesehatan baterai tanam HP Android yang paling bagus adalah mengecek secara langsung kondisi baterainya. Caranya dengan membuka casing HP untuk melihat kondisi fisik baterai.

Jika fisik baterai masih berbentuk datar biasanya baterai masih dalam kondisi sehat. Sedangkan jika baterai sudah terlihat kembung, ini menandakan jika baterai sudah mulai rusak.

Namun. untuk melepas casing belakang HP tentunya cukup sulit dilakukan untuk HP dengan baterai tanam, terlebih jika dilakukan oleh pemula. Tak hanya itu, jika HP masih dalam masa garansi, maka secara otomatis garansi akan hangus ketika membuka casing belakangnya, jadi anda harus mempertimbangkan resiko yang bisa terjadi jika menggunakan cara ini.

Ciri-Ciri Baterai HP Tanam yang Sudah Mulai Rusak

Setiap HP yang menggunakan baterai tanam, tentunya akan menunjukkan ciri-ciri pada saat baterainya mulai mengalami masalah kesehatan yang bermasalah.

Adapun ciri-ciri yang biasa ditunjukkan adalah:

  • Casing belakang HP akan terlihat mengembang atau terangkat.
  • Terkadang HP akan mati sendiri.
  • Indikator baterai biasanya akan berkurang drastis.
  • Baterai sangat lama penuh saat pengisian daya.
  • Saat dilepas dari charger biasanya baterai HP langsung habis.
  • Layar HP berkedip.
  • HP mengalami matot atau mati total.

Penutup

Cara cek kesehatan baterai tanam HP Android memang cukup sulit dilakukan dibandingkan dengan HP Android yang baterainya bisa dilepas pasang. Untuk itu, beberapa cara yang sudah dibahas di atas sangat cocok untuk anda coba jika HP yang dimiliki memiliki baterai dengan jenis tanam.

Tentunya penggunaan aplikasi ataupun tanpa aplikasi untuk mengecek kesehatan baterai tergantung sedetail apa anda ingin memeriksa kesehatan baterai tanam HP Android anda. Untuk pengecekan lebih detail, sebaiknya menggunakan aplikasi pihak ketiga karena biasanya dilengkapi dengan fitur yang lebih lengkap.