Cara Buat Akun PayPal Tanpa Kartu Kredit atau Debit

PayPal saat ini menjadi salah satu metode pembayaran virtual yang paling populer dengan pengguna yang banyak. Tentunya untuk bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh PayPal anda harus memiliki akun PayPal, jika belum anda bisa melihat cara buat akun PayPal yang akan diulas kali ini.

Mungkin masih banyak yang belum mengerti bagaimana menggunakan PayPal sebagai metode pembayaran online. Pada saat ingin melakukan transaksi secara online ada beberapa pilihan metode pembayaran yang bisa anda gunakan. Mulai dari transfer ke rekening bank lokal hingga menggunakan rekening virtual seperti PayPal.

Berbeda dengan transaksi yang dilakukan ke rekening bank lokal. Mekanisme pembayaran yang dilakukan secara virtual menggunakan sistem yang sangat kompleks. Proses transaksi virtual juga akan melibatkan pihak ketiga yakni Secure Payment Gateway and Credit Card Authorization Service seperti PayPal, Nochex, Ipayment, dan lain sebagainya.

Apa itu PayPal?

Dilansir dari Wikipedia PayPal Inc. adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik. Metode yang dihadirkan menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, PayPal menjadi salah satu dari sekian banyak alat pembayaran virtual yang tersedia saat ini. PayPal saat ini memang menjadi alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan yang ingin melakukan transaksi secara online karena sistem keamanan yang dihadirkannya.

Salah satu hal yang paling membedakan antara PayPal dengan rekening bank lokal adalah kemudahannya untuk melakukan transaksi dengan pemilik PayPal lain yang ada di seluruh dunia. Berbeda dengan rekening bank lokal, yang hanya bisa digunakan untuk transaksi dalam negeri saja.

Untuk mengirim uang secara virtual anda hanya perlu mengetahui email PayPal orang yang akan anda kirimkan. PayPal banyak dimanfaat untuk berbagai macam transaksi online, diantaranya mengirim dan menerima uang, membeli barang, membeli aplikasi, dan berbagai macam transaksi online lainnya.

Saat ini ada berbagai macam situs online memang mengharuskan setiap penggunanya untuk melakukan transaksi menggunakan PayPal. Diantara situs online tersebut adalah  eBay, Etsy, dan Carousell.

Keuntungan PayPal Bagi Pembeli

Keamanan menjadi salah satu alasan bagi banyak orang menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran online. Jika anda berada pada posisi sebagai pembeli dan menggunakan PayPal untuk melakukan pembayaran secara virtual, anda bisa mengirimkan komplain kepada pihak PayPal dalam waktu 45 hari jika barang yang anda akan beli belum juga tiba. Atau barang yang anda terima sangat berbeda dari deskripsi barang yang dijual.

Jika anda sebagai pihak pembeli merasa tidak puas dan bisa memberikan bukti yang kuat jika penjual melakukan tindakan penipuan atau menjual barang yang tidak sesuai maka PayPal akan mengembalikan uang yang anda gunakan.

Keuntungan PayPal Bagi Penjual

Mungkin beberapa orang berpikir jika bisa melakukan penipuan dengan berpura-pura menjadi pembeli yang tertipu oleh penjual. Namun, jangan salah karena selain melindungi pembeli, PayPal juga melindungi setiap penjual yang menggunakan layanannya.

PayPal tentunya akan melindungi setiap penjual dari permintaan pengembalian uang ataupun komplain bohong atau fiktif yang dilakukan oleh pembeli yang punya niatan buruk. Jadi setiap orang yang memiliki niatan buruk untuk melakukan kejahatan dengan menggunakan PayPal tentunya harus berpikir-pikir lagi, karena PayPal Inc. memang menjadi salah satu perusahaan yang menyediakan layanan rekening virtual dengan sistem keamanan terbaik.

Cara Buat akun PayPal Tanpa Kartu Kredit dan Debit:

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi browser yang ada pada Laptop/PC anda.
  2. Lalu, silahkan kunjungi situs PayPal.com dan klik tombol Daftar yang berada pada bagian pojok kanan atas halaman atau klik Daftar Sekarang seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.cara buat akun paypal
  3. Berikutnya anda harus memilih jenis akun PayPal yang akan digunakan. Yaitu Rekening Pribadi atau Rekening bisnis.cara buat akun paypal
  4. Jika anda memilih Rekening Pribadi, nantinya akan ada pilihan lagi. Tentukan Saya Seorang Pembeli Online, jika anda ingin menggunakannya untuk transaksi secara online.cara buat akun paypal
  5. Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan nomor HP.cara buat akun paypal
  6. Anda akan mendapatkan kode OTP untuk konfirmasi nomor HP yang anda masukkan.cara buat akun paypal
  7. Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi biodata, diantaranya alamat email, nama, dan kata sandi. Lalu, klik Berikutnya.cara buat akun paypal
  8. Setelah biodata awal terisi, anda akan diminta untuk melengkapi biodata tersebut dengan memasukkan tanggal lahir, kewarganegaraan, Jenis dan nomor Identifikasi (KTP atau SIM), alamat, dan ada juga pilihan untuk mengaktifkan One Touch. Selain itu, anda juga harus centang Kesepakatan Pengguna dan Pernyataan Privasi dari PayPal, lalu klik Setuju dan buat rekening.cara buat akun paypal
  9. Jika semua proses selesai, anda sudah bisa menggunakan akun PayPal untuk melakukan berbagai transaksi. Anda juga bisa langsung melakukan pengisian saldo dengan menekan tab Wallet yang terletak pada bagian atas.
  10. Pada menu Wallet anda juga bisa menambahkan rekening atau kartu kredit yang nantinya akan digunakan untuk melakukan pembayaran menggunakan PayPal.

Akhir Kata

Meskipun PayPal sudah memberikan jaminan keamanan pada setiap penggunanya, namun tidak ada salahnya jika anda tetap selalu berhati-hati pada saat ingin melakukan transaksi. Pada saat pembuatan akun, usahakan jika data yang digunakan adalah data identitas asli.

Demikianlah informasi mengenai cara buat akun PayPal dengan mudah. Cara ini tentunya akan sangat berguna bagi anda yang masih awam menggunakan pembayaran virtual. Kedepannya tidak menutup kemungkinan jika hampir sebagian besar transaksi akan menggunakan sistem pembayaran yang menggunakan rekening virtual seperti PayPal ini.