Beginilah Kelebihan, Kekurangan, dan Sistem Cicilan Pinjaman Online?

Beginilah Kelebihan, Kekurangan, dan Sistem Cicilan Pinjaman Online?

Beberapa dari Anda mungkin pernah berpikir untuk mencoba meminjam uang secara online tetapi belum tahu apa itu dan bagaimana sistem cicilan pinjaman online sendiri. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai pengertian, kelebihan, kekurangan, proses, dan cara mengajukan cicilan di pinjaman online. Kalau ingin tahu yuk simak sampai selesai!

Kelebihan, Kekurangan, dan Sistem Cicilan Pinjaman Online

Berikut ini adalah kelebihan, kekurangan, dan penjelasan mengenai sistem dari cicilan pinjaman online, yaitu:

Apa Itu Cicilan Pinjaman Online?

Pinjaman online merupakan salah satu jenis pinjaman yang pengajuannya hanya cukup secara online dengan menggunakan aplikasi ponsel tanpa adanya tatap muka secara langsung. Pastinya cara atau sistem ini akan memberikan kecepatan dan kemudahan dalam pengajuan kredit.

Sistem pinjaman online ini tumbuh dengan sangat pesat di Indonesia karena daya tarik utama yang ditawarkannya. Dengan ini, mengajukan pinjaman atau kredit pun hanya perlu mengunduh aplikasi di Google Play Store atau App Store dan kemudian melakukan atau melengkapi persyaratan yang telah ditentukan.

Adapun salah satu jenis dari pinjaman online yaitu cicilan.

Pinjaman online sendiri juga mempunyai penawaran untuk bisa membiayai pembelian barang misalnya seperti pembelian laptop, HP, tablet, dan beberapa barang elektronik lainnya.

Keuntungan dari produk dengan melalui pinjaman online ini tidak memerlukan persyaratan kartu kredit sehingga akan sangat membantu masyarakat karena biasanya bank akan mewajibkan kartu kredit sebagai syarat utama untuk seseorang yang ingin mengajukan pembiayaan. Jika tidak mempunyai kartu kredit maka bank tidak akan menerimanya.

Pinjaman Online

Kelebihan Cicilan Pinjaman Online

Adapun beberapa kelebihan dari cicilan pinjaman online, antara lain:

Peminjaman dan Pencairan Mudah

Kelebihan yang pertama adalah jika dibandingkan dengan pinjaman offline misalnya pinjaman melalui bank maka pinjaman online ini jauh lebih mudah baik itu dari segi proses peminjaman sampai pencairan sekalipun. Proses dari peminjaman dan pencairan menggunakan pinjaman online hanya perlu melalui gadget dan jaringan internet sehingga waktu dan tenaga pun jauh lebih hemat serta bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Pencairan Dana Hanya dalam Hitungan Hari

Salah satu alasan mengapa ada banyak orang yang memilih untuk mengajukan pinjaman online langsung cair adalah dana pinjamannya bisa cair dalam jangka waktu beberapa hari saja yaitu sekitar 1 sampai 3 hari kerja.

Bahkan jika sudah pernah mengajukan pinjaman maka prosesnya bisa hanya berlangsung dalam hitungan jam saja. Jadi jika sedang ada di keadaan mendesak dan butuh dana maka pinjaman online ini akan sangat membantu Anda

Kenapa proses pencairannya bisa sangat cepat? Hal tersebut dikarenakan tidak adanya jaminan yang diberikan sehingga tidak perlu melalui proses penaksiran aset terlebih dahulu. Ditambah lagi, semua data diberikan melalui online atau secara digital sehingga bisa segera diproses.

Berbeda hal jika Anda mengajukan pinjaman secara online dengan langsung datang ke bank karena data yang diberikan berupa fisik sehingga harus melalui pemindahan menjadi data digital terlebih dahulu untuk bisa kemudian diproses.

Persyaratan Mudah

Persyaratan dokumen yang diberikan oleh pinjaman online pun tidaklah sulit karena pada dasarnya mereka memang ingin memberikan pinjaman yang mudah diajukan semua orang. Biasanya persyaratan yang diberikan hanyalah kepemilikan KTP (Kartu Tanda Penduduk), slip gaji atau keterangan penghasilan, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan rekening tabungan.

Kekurangan Cicilan Pinjaman Online

Selain berbagai kelebihan yang telah diberikan, adapun beberapa kekurangan dari cicilan pinjaman online antara lain:

Sistem Bunga Harian

Tidak sama seperti bunga kredit tanpa jaminan yang telah diberikan oleh pihak bank dengan penerapan sistem perhitungan bunga bulanan. Sementara pinjaman online sendiri bisa langsung cair karena menggunakan sistem perhitungan bunga harian.

Memang jika seseorang sudah memutuskan untuk mengambil masa tenor yang singkat maka bunganya pun tidak akan terlalu berat, tetapi jika masa tenor yang diambil cukup lama maka bunga yang akan ditanggung pun akan cukup berat.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman online maka lakukanlah perhitungan terlebih dahulu agar bisa mengetahui bunga yang perlu dibayar.

Jumlah Suku Bunga yang Tinggi

Jika sudah memutuskan untuk meminjam beberapa dana dari pinjaman online maka Anda bisa juga mengalami kerugian karena adanya banyak dana yang terus ditutup dengan menggunakan dana dari pinjaman tersebut. Ditambah lagi dengan jumlah suku bunga yang diberikan cukup tinggi sehingga akan lumayan memberatkan juga.

Jumlah suku bunga yang tinggi ini diakibatkan oleh perusahaan pihak pinjaman online juga tidak ingin mengalami kerugian atau mengambil risiko dikarenakan proses pengajuan dan pencarian yang mudah. Jadi sebelum memutuskan untuk meminjam dana di pinjaman online maka pikirkan terlebih dahulu bagaimana cara agar bisa membayar jumlah suku bunga yang cukup tinggi tersebut.

Plafon Pinjaman yang Tidak Terlalu Besar

Dikarenakan pinjaman online dananya bisa langsung cair yaitu dalam kurun waktu 1 sampai 3 hari kerja sama maka plafon pinjaman yang diberikan oleh pihak peminjam pun tidaklah terlalu besar. Tidak sama seperti kredit tanpa jaminan yang bisa memberikan plafon hingga Rp 500 juta, pinjaman online yang bisa langsung cair hanya bisa memberikan plafon pinjaman sebesar Rp 20 juta hingga Rp 30 juta saja.

Namun, plafon pinjaman yang tidak terlalu besar ini juga bisa dijadikan sebagai suatu kelebihan karena kredit tanpa jaminan minimal plafon pinjamannya adalah Rp 5 juta sehingga untuk Anda yang hanya memerlukan dana di bawah Rp 5 juta tidak bisa mengajukannya. Sementara pinjaman online bisa langsung cair minimal dana pinjaman adalah Rp 1 juta saja.

Proses atau Cara Kerja Cicilan Pinjaman Online

Cicilan pinjaman online ini memungkinkan seseorang untuk bisa memanfaatkan kredit atau cicilan dari pihak peminjam dengan jangka waktu dan limit dana yang telah ditentukan. Limit ini pastinya akan ditentukan terlebih dahulu oleh pihak pinjaman online dengan berdasarkan estimasi terhadap kemampuan seseorang untuk membayar.

Biasanya jangka waktu yang diberikan adalah satu bulan sehingga seseorang hanya perlu membayar tagihan tersebut pada akhir bulan. Adapun banyak orang yang menggunakan kesempatan tersebut untuk membeli banyak barang tanpa memikirkan kemampuannya dalam melunasi cicilan.

Pada dasarnya sistem dari pinjaman online sendiri diciptakan untuk memudahkan kebutuhan finansial masyarakat luas tetapi tidak salah juga jika masyarakat selalu hati-hati atau waspada dengan kedok pinjaman online illegal. Untuk bisa mengantisipasi hal buruk tersebut, masyarakat perlu mengikuti imbauan dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan agar tahu pihak mana yang legal dan illegal. Caranya adalah dengan memeriksa terlebih dahulu legalitasnya di OJK sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa pinjaman tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait sistem cicilan pinjaman online. Semoga dengan membaca artikel ini Anda semua bisa terbantu khususnya untuk menjawab pertanyaan yang selama ini belum terjawab mengenai cicilan pinjaman online. Terima kasih dan sampai jumpa lagi di artikel informatif lainnya!