Bagaimana Cara Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik

Asuransi Pendidikan Terbaik

Siapkah anda jika sekarang harus memilih asuransi pendidikan terbaik? Jika anda belum siap, maka anda perlu memahami dan mengerti cara memilih asuransi untuk pendidikan anda, pasangan anda, atau bahkan anak anda. Bijaksana? Ya, benar, anda harus bijaksana terhadap diri anda sebagai konsumen atau orang yang mengeluarkan uang untuk membayar asuransi yang anda pilih.

Lalu? Apa lagi? Selain bijaksana, anda juga harus mampu berusaha dengan kuat dan stabil sehingga anda konsisten dan tidak berhenti di tengah jalan. Selanjutnya adalah silahkan untuk membaca artikel ini sampai selesai supaya anda mengetahui cara memilih asuransi pendidikan.

Cara memilih asuransi pendidikan terbaik

Dalam kehidupan, kita mungkin dihadapkan oleh banyak perencanaan untuk masa depan diri kita, pasangan kita, atau keluarga kita yang lain. Untuk memudahkan perencanaan pendidikan, kita musti mengambil asuransi pendidikan.

Bukan tindakan yang bodoh untuk mengambil atau berlangganan suatu asuransi pendidikan, melainkan itu merupakan tindakan yang cerdas dan bijaksana karena dengan mengambil asuransi pendidikan, maka kita merasa lebih ringan untuk merencanakan pendidikan masa depan. Berikut di bawah ini adalah cara memilihnya (langkah-langkah terurut yang harus dilakukan):

  1. Mengetahui asal negara asuransi
    Mengapa kita harus tahu mengenai asal negara asuransi pendidikan yang akan kita pilih? Karena kita mau melihat apakah negara asal asuransi yang kita pilih bagus atau tidak di bidang pendidikan. Jika bagus, maka bolehlah kita menjadikan asuransi tersebut menjadi asuransi yang akan kita pilih.

    Kita bisa melihat daftar urutan negara berdasarkan tingkat pendidikannya, serta survei-survei lain yang berkaitan dengan pendidikan. Tapi ingat, sumber yang dijadikan tolok ukur harus sumber yang baik dan terpercaya, jadi jangan sembarangan mengambil data untuk dijadikan pertimbangan kita. Contoh sumber data terpercaya di internet adalah wikipedia, detik.com, kompas, republika, dan lain sebagainya.

    Misalnya, kita akan memilih asuransi pendidikan BRI, maka kita cek dari mana negara asal asuransi pendidikan tersebut. Ternyata, setelah dicek, negara asal asuransi tersebut adalah Indonesia. Lalu, kita cari tahu Indonesia mengenai bidang pendidikannya.

    Ternyata, Indonesia berdasarkan urutan negara di dunia dalam bidang pendidikannya berada di urutan 113 (https://en.wikipedia.org/wiki/Education_Index), dan itu adalah urutan yang bagus (negara dalam urutan 150 teratas adalah negara yang baik dalam tingkat pendidikannya). Jadi, asuransi pendidikan BRI masih menjadi asuransi yang akan kita pilih. Baiklah, sekarang kita lanjutkan ke langkah selanjutnya.

  2. Mencari tahu sejarah pendirian perusahaan asuransi
    Hey, kamu tahu, dengan mencari tahu sejarah pendirian perusahaan asuransi tersebut, maka kita jadi tahu pada awal berdirinya perusahaan asuransi tersebut fokus di jenis asuransi apa. Jadi, setidaknya ada nilai lebih bagi asuransi yang memang sejak didirikan fokus di jenis asuransi pendidikan.

    Misalnya, asuransi pendidikan BRI sedang kita cari tahu mengenai sejarah pendirian asuransinya. Ternyata, setelah dicari tahu, asuransi tersebut sejak awal berdiri memang fokus di jenis atau bidang asuransi pendidikan (BRINGIN DANASISWA). Apa yang perlu ditanyakan lagi? Tentunya kita keep saja asuransi ini, dan jangan lupa untuk lanjut ke langkah selanjutnya.

  3. Mengetahui jenis asuransi pendidikan seperti apa yang diberikan
    Seperti apa jenis asuransi pendidikan yang diberikan oleh asuransi yang akan kita pilih? Tentunya kita cari tahu sekarang, bagaimana caranya? Dengan melihat di situs resminya, dan bertanya kepada agen asuransinya.

    Jika asuransi pendidikan yang ditawarkan meng-cover atau memenuhi kebutuhan kita semuanya tanpa ada yang terlewati, maka itu bagus sekali, dan kita keep asuransi tersebut. Tapi, jika ternyata ada beberapa poin yang tidak ter-cover, maka kita pertimbangkan masak-masak apakah hal tersebut tidak apa-apa dan bukan menjadi masalah bagi kita di masa sekarang dan masa depan, atau bahkan menjadi suatu masalah yang besar.

    Contohnya, asuransi pendidikan BRI, setelah kita cari tahu, ternyata asuransi pendidikan yang diberikan oleh asuransi pendidikan BRI berupa salah satunya memberikan tahapan dana pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikan di masa mendatang hingga asuransi berakhir. Oke, kita keep ya berarti asuransi pendidikan BRI (Bringin Danasiswa) sampai di langkah ini karena hal tersebut merupakan hal terbesar yang menjadi tujuan si konsumen (sebagai contoh).

  4. Mencari tahu apakah asuransi tersebut terdaftar di OJK atau tidak
    Apakah penting jika kita memastikan asuransi yang akan kita pilih terdaftar di OJK? Ya, jawabannya penting sekali. Jika asuransinya terdaftar resmi di OJK, maka kita juga jadi lebih percaya diri dalam menjalani pendidikan kita sehari-hari.

    Misalnya, kita cek asuransi pendidikan BRI di situs OJK, apakah terdaftar atau tidak. Ternyata terdaftar, jadi kita pertahankan asuransi ini untuk jadi asuransi yang akan kita pilih.

  5. Mencari tahu biaya yang harus dikeluarkan untuk asuransi pendidikan tersebut
    Terakhir adalah mencari tahu biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar iuran asuransi tersebut. Apakah kita sanggup? Di mana arti sanggup adalah maksimal (kita berusaha dengan keras untuk mendapatkan uang untuk membayarnya), dan minimal (kita harus memiliki pendapatan tetap dan stabil untuk membayarnya). Jika menurut kesanggupan kita di antara kisaran minimal sampai maksimal, maka itu bagus sekali untuk kita ambil.
  6. Kita ambil contoh, asuransi pendidikan BRI, setelah kita cari tahu ternyata kita sanggup membayarnya. Misalnya di kisaran sekitar maksimal, maka di langkah terakhir ini, kita putuskan untuk memilih asuransi pendidikan BRI.

Asuransi Pendidikan

Daftar asuransi pendidikan

Tidak hanya percaya diri, kita menjadi tenang jika asuransi pendidikan yang kita ambil merupakan asuransi yang terdaftar di OJK. Kenapa? Karena OJK (Otoritas Jasa Keuangan) terpercaya untuk dijadikan parameter bagi kita apakah asuransi tersebut baik untuk kita atau tidak.

Berikut di bawah ini adalah daftar asuransi pendidikan yang bagus menurut saya sebagai penulis dan terdaftar di OJK:

  • PT Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera, dengan nomor izin usaha : KEP-181/KM.13/1988
  • PT Asuransi Jiwa BCA, dengan nomor izin usaha : KEP-91/D.05/2014
  • PT BNI Life Insurance, dengan nomor izin usaha : KEP305/KMK.017/1997
  • Axa Mandiri, dengan nomor izin usaha : KEP612/KMK.017/1995

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, diharapkan kalian semua dapat dengan cerdas dan cerdik dalam memilih asuransi pendidikan terbaik. Tidak hanya memilih karena terkenal, tetapi juga bijak terhadap kemampuan sendiri sehingga mengambil asuransi pendidikan bukan menjadi suatu beban melainkan kebutuhan yang biasa kita penuhi untuk masa depan yang lebih baik bagi anak kita, diri kita, atau keluarga kita yang lain.

Marilah, mulai sekarang kita bergerak untuk berusaha mendapatkan asuransi pendidikan dengan cara bekerja, dan berkegiatan positif yang menghasilkan uang lainnya sehingga kita benar-benar siap untuk berlangganan asuransi pendidikan.

Pendidikan adalah investasi yang tidak ternilai harganya dan patut kita perjuangkan demi masa depan dunia yang lebih baik. Sama saja, pendidikan dalam negeri (lokal) dengan luar negeri, yang terpenting adalah siswanya yang selalu sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.