Apakah Pinjaman Online Itu Lebih Mudah? Cek Infonya Disini

Apakah Pinjaman Online Itu Lebih Mudah

Banyak yang bertanya-tanya apakah pinjaman online itu lebih mudah? Karena dari pengalaman sejumlah nasabah, ada yang bilang super mudah tapi ada juga yang mengatakannya sangat berat di ongkos. Lantas mana yang benar?

Jika dibandingkan dengan pinjaman offline mungkin terbilang mudah, karena Anda tak perlu antri di kantor penyedia pinjaman hanya untuk mengajukan dokumen pinjaman. Tapi, tetap harus ekstra hati-hati di balik kemudahannya tersebut. Jangan sampai menyebabkan munculnya berbagai masalah nantinya.

Apakah Pinjaman Online Itu Lebih Mudah? Mudah Asalkan….

Ok! Mari kita bilang kalau pinjaman online itu mudah, tapi ada syaratnya agar Anda merasakannya. Jangan hanya melihat dari satu sisi yaitu para nasabah yang berhasil meminjam dan mengembalikan dengan baik dan benar. Tapi, juga dari sisi orang yang kelabakan saat sudah menerima pinjaman. Jadi, perlu persiapan yang matang.

  • Pilih yang Terpercaya
    Secara berkala, pemerintah selalu menginformasikan pinjaman online yang legal dan aman untuk dipilih. Instansi yang berhak melakukan penilaian adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, pastikan Anda memilih aplikasi yang masuk dalam daftar legal OJK tersebut.

    Selain itu, jangan lupa untuk melihat review para pengguna aplikasi tersebut. Apakah banyak yang puas atau malah banyak komplain akibat pelayanan atau hal-hal lain yang mereka terima saat meminjam dan proses pembayaran cicilan. Dengan begitu, Anda bisa lebih paham apa yang akan dihadapi ketika memilih pinjaman tersebut.

  • Pinjamlah Sesuai Kebutuhan
    Jumlah pinjaman haruslah sesuai dengan yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Misalnya Anda butuh dana cepat untuk membayar uang sekolah anak sebesar Rp. 500 ribu, maka pinjamlah sebanyak itu saja. Jika Anda meminjam lebih, akan berpotensi dipakai untuk hal lain dan ujung-ujungnya memberatkan pembayaran cicilan.

    Sama halnya ketika Anda ingin meminjam untuk kebutuhan bisnis, pinjam sesuai kebutuhan bisnis yang ingin cepat dituntaskan. Misalnya, untuk modal membeli bahan baku sebesar Rp. 1 juta. Gunakan dana pinjaman memang untuk membeli bahan baku, sehingga lebih aman saat melakukan proses pembayaran nanti.

  • Pastikan Bisa Bayar Cicilan
    Tak sedikit orang yang tergiur pinjaman mudah dan berpikir jangka pendek, yaitu sal dapat uang saja dan soal bayar cicilan dipikir belakangan. Jangan seperti itu, Anda perlu memikirkan juga darimana nanti sumber uang yang akan dipakai untuk bayar cicilan. Apakah bisa lancar sesuai tenor pinjaman.

    Anda pasti tidak mau jika nantinya menunggak bukan? Apalagi pinjaman online ini perputarannya sangat cepat, kalau ada yang menunggak maka pihak penyedia pinjaman akan menagih dengan cara yang mungkin akan membuat Anda kurang nyaman.

  • Harus Ada Privasi Data
    Ketika Anda sudah punya beberapa pilihan aplikasi yang akan dipakai, kemudahan akan didapat ketika penyedia pinjaman memiliki fitur keamanan data nasabah.

    Biasanya terletak pada fitur term and condition, sebab ketidaknyamanan terjadi ketika pihak penyedia memiliki akses ke data pribadi Anda. Kemudian ketika ada pihak tak bertanggung jawab, mereka bisa menggunakannya untuk kepentingan tidak baik dan pastinya akan merugikan Anda.

  • Layanan Konsumen
    Kemudahan juga akan Anda dapatkan, ketika pinjaman online memiliki fitur layanan konsumen di aplikasinya. Sehingga, ketika Anda butuh informasi dan panduan saat membayar atau melakukan registrasi pengajuan pinjaman akan lebih mudah tanpa harus melakukan kesalahan input data.

    Selain itu, jika layanan konsumen tersedia maka Anda juga bisa mengeluhkan apapun yang dirasakan dan mendapatkan feedback melalui layanan tersebut. Tanpa harus bersitegang dengan debt collector atau pihak ketiga, yang mungkin terlibat dalam pinjaman tersebut.

  • Berapa Besar Cicilan dan Biaya Lain
    Anda akan merasa nyaman meminjam ketika sudah tahu berapa total cicilan bulanan dan biaya lain yang perlu dipersiapkan. Kalau masuk akal dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda, maka akan lebih mudah mengajukan pinjaman.

    Tapi, kalau informasi ini minim didapat tentunya Anda bisa dibuat kaget ketika ternyata cicilannya tinggi dan di luar prediksi. Bisa-bisa nasabah tak kuat bayar dan berakhir dengan penagihan dan blacklist nama dari seluruh pinjaman online.

  • Apa Resiko Jika Menunggak?
    Pastikan untuk mengetahui resiko jika Anda menunggak pinjaman. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah saat mengajukan pinjaman, sebab sudah mengetahui langkah apa yang harus dilakukan agar tidak menunggak dan menerima resiko yang disiapkan penyedia pinjaman online.

Kapan Harus Manfaatkan Pinjaman Online

Mungkin Anda salah satu yang akan berpikir, kapan sebaiknya memanfaatkan pinjaman online. Agar kemudahan bisa didapat ketimbang meminjam ke instansi offline seperti perbankan atau rentenir. Karena sebaiknya, pilihan pinjaman online menjadi solusi terakhir bagi masalah keuangan Anda.

Pinjaman Online

  • Cara Lain Sudah Buntu
    Jika Anda sudah melakukan berbagai cara, misalnya meminjam ke perbankan namun ditolak karena dokumen tidak lengkap, kemudian pinjam ke saudara namun tak ada yang bisa membantu. Atau, ketika aset yang Anda miliki sudah dijual dan biaya yang dibutuhkan masih kurang.

    Ketika Anda sudah berada pada posisi buntu, maka tak ada salahnya memilih pinjaman online yang akan memudahkan Anda menyelesaikan masalah keuangan saat ini.

  • Sangat Butuh
    Kalau Anda memang sangat butuh dana segar saat ini dan dalam waktu singkat, maka tak ada salahnya mencari pinjaman online yang terpercaya. Supaya bisa menjadi solusi dan memberikan kemudahan proses pinjaman sesuai harapan Anda.
  • Dokumen Lengkap
    Ketika dokumen pengajuan pinjaman sudah lengkap, dan skema pembayaran cicilan sudah jelas maka Anda sudah bisa melakukan pinjaman. Karena potensi disetujui sangat besar dan resiko menunggak sangat kecil.

Trik Agar Tidak Dikejar DC

Memang tak ada yang tahu bagaimana ekonomi di masa depan, bahkan untuk jangka pendek. Terutama bagi Anda yang menggantungkan penghasilan pada pekerjaan saat ini, namun ingin melakukan pinjaman online untuk berbagai kebutuhan.

Supaya proses mudah dan cicilan tidak menunggak kemudian dikejar Debt Collector, Anda perlu melakukan trik ini:

  • Beri Penjelasan Detail Kondisi Anda
    Pastikan untuk memberikan penjelasan setiap debt collector menghubungi atau mendatangi Anda. Supaya mereka juga paham kondisi saat ini, lalu buatlah janji untuk membayar pada tenggat yang sesuai dengan kondisi Anda.

    Selanjutnya, jangan lupa untuk membayar sesuai tenggat yang sudah Anda sepakati dengan debt collector atau pihak pinjaman online.

  • Konsultasikan Dengan Ahli Finansial
    Tak ada salahnya meminta bantuan ahli finansial terkait masalah Anda dengan debt collector. Akan ada solusi bijaksana dan bisa Anda lakukan, supaya tidak melulu dikejar oleh penagih hutang tersebut.
  • Usahakan Jangan Pernah Terlambat Bayar
    Ini adalah anjuran sejak sebelum Anda mengajukan pinjaman, supaya tidak ada masalah selama proses pembayaran cicilan. Sehingga Anda akan dapat kemudahan lagi, ketika akan melakukan pinjaman selanjutnya.
  • Jangan Gali Lobang Tutup Lobang
    Jangan pernah berpikir untuk pinjam di aplikasi lain, hanya untuk membayar tunggakan pada aplikasi yang sedang bermasalah dengan Anda saat ini. Hal itu hanya akan membuat hidup Anda tak tenang.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa jawaban dari pertanyaan apakah pinjaman online itu lebih mudah adalah, tergantung pada aplikasi yang dipilih. Kemudian bagaimana persiapan Anda sebelum dan selama cicilan pinjaman berjalan. Sehingga di akhir tenor tidak bermasalah.