4 Cara Menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP Tanpa Root

Saat ini setiap pengguna HP tentunya memiliki aplikasi chatting yang memang digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan komunikasi seperti chat, menelpon, video call, dan lain sebagainya. Salah satu aplikasi chatting yang banyak digunakan adalah WhatsApp

Bahkan tak jarang, untuk satu orang pengguna membutuhkan setidaknya 2 aplikasi WhatsApp dalam 1 HP untuk digunakan bersamaan. Seperti yang diketahui bersama, tentunya penggunaan 2 aplikasi WhatsApp dalam 1 HP tidak bisa dilakukan. Namun, dengan adanya aplikasi tambahan Anda bisa memasang 2 WhatsApp sekaligus.

Cara yang akan dibagikan kali ini sangat berguna bagi Anda yang ingin menggunakan 2 akun Whatsapp, misalnya untuk memisahkan keperluan pribadi dan bisnis. Jika Anda ingin mencoba menggunakannya, silahkan ikuti panduan yang ada di bawah ini.

Cara Menggunakan 2 Akun WhatsApp dalam 1 HP

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk bisa menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP. Cara yang akan dibagikan kali ini tidak membutuhkan akses root untuk bisa menggunakannya.

Adapun cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP tanpa root adalah sebagai berikut:

1. WhatsApp Business

WhatsApp Business adalah salah satu versi WhatsApp yang memang dihadirkan secara khusus untuk keperluan bisnis. Meskipun demikian, Anda tetap bisa menggunakan aplikasi ini meskipun tidak berhubungan dengan masalah bisnis.

Aplikasi ini juga merupakan aplikasi resmi yang memang dikembangkan oleh WhatsApp Inc. yang merupakan pengemban dari WhatssApp yang banyak digunakan saat ini. Oleh karena itu, aplikasi ini tentunya akan sangat aman digunakan untuk menggunakan 2 aplikasi WhatsApp dalam 1 HP.

Jika Anda ingin menggunakan WhatsApp Business silahkan ikuti langkah dibawah ini:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentunya adalah menginstal terlebih dahulu aplikasi WhatsApp Business terlebih dahulu.

Cara Menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP

  • Kemudian lanjutkan dengan membuka aplikasinya. Nantinya pada halaman awal akan muncul pemberitahuan, klik Setuju dan Lanjutkan.
  • Setelah itu, lakukan pendaftaran akun dengan memasukkan nomor HP dan verifikasi.
  • SSelesai.

Nah dengan penggunaan WhatsApp Business ini Anda sudah bisa membuka 2  Whatsapp dalam 1 HP.

2. Parallel Space

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk bisa membuka 2 aplikasi WhatsApp dalam 1 HP adalah Parallel Space. Parallel Space merupakan aplikasi yang dihadirkan secara khusus untuk menggAndakan aplikasi yang ada di HP. Dengan aplikasi ini Anda akan bisa menggAndakan berbagai macam aplikasi yang terinstal di HP.

Bagi Anda yang ingin menggunakan Parallel Space, silahkan ikuti setiap langkah berikut ini:

  • Pertama, Anda harus menginstal terlebih dahulu aplikasi Parallel Space di HP Anda.

Cara Menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP

  • Setelah terinstal, silahkan buka aplikasinya.
  • Jika aplikasi sudah terbuka, nantinya di bagian halaman awal aplikasi, silahkan centang aplikasi WhatsApp yang ingin Anda gunakan. Kemudian silahkan tekan Tambahkan ke Parallel Space dan tunggu sampai prosesnya selesai. Setelah itu, Anda akan melihat aplikasi WhatsApp dalam aplikasi Parallel Space.
  • Silahkan buka aplikasi tersebut dan lakukan pendaftaran akun baru.
  • Selesai.

3. YoWhatsApp MOD

Cara Menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP

Berikutnya ada aplikasi yang bernama YoWhatsApp Mod, Aplikasi ini merupakan salah satu versi Mod dari aplikasi WhatsApp resmi yang tentunya memiliki berbagai macam fitur yang lebih lengkap. Dengan menggunakan WhatsApp ini, Anda juga bisa menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP.

Berikut cara untuk menggunakan YoWhatsApp Mod:

  • Silahkan download terlebih dahulu aplikasi YoWhatsApp.
  • Lalu, setelah itu silahkan instal aplikasinya dengan mengikuti setiap instruksi yang ada sama halnya pada saat instal WhatsApp resmi.
  • Jika proses instalasi sudah berhasil, Anda tinggal membuka aplikasinya. Di bagian awal halaman, Anda tinggal klik Setuju dan Lanjutkan.
  • Setelah itu, silahkan daftarkan nomor HP Anda, sama halnya pada saat daftar menggunakan WhatsApp resmi.
  • Selesai.

Cara Menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP

Nah, setelah Anda menginstal Mod WhatsApp ini Anda sudah bisa menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP.

4. Clone via Android

Beberapa HP Android yang ada saat ini sudah memiliki fitur clone bawaan yang bisa menggAndakan atau membuka 2 aplikasi yang sama sekaligus. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk membuat 2 aplikasi WhatsApp. Namun, fitur ini baru tersedia di beberapa HP Android saja. Jika HP Anda sudah menyediakan fitur tersebut maka silahkan gunakan cara ini.

Cara ini bisa dilakukan di sebagian besar HP merk Samsung. Untuk menggunakan fitur ini, silahkan ikuti langkah berikut:

  • Silahkan buka aplikasi Pengaturan yang ada di HP.
  • Lalu, gulir kebawah hingga Anda menemukan menu Fitur Lanjutan. Kemudian silahkan pilih Dual Messenger.

Cara Menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP

  • Selanjutnya Anda akan melihat daftar aplikasi yang bisa di Clone. Jika Anda ingin menggAndakan WhatsApp silahkan, tekan toggle yang ada di sebelah kanan ikon aplikasi. Jika muncul notifikasi untuk instal WhatsApp, tekan Instal. Setelah selesai Anda akan melihat ada icon clone pada aplikasi WhatsApp.
  • Setelah itu, buka menu HP Anda dan pilih WhatsApp yang terdapat icon clone untuk membuka WhatsApp kedua. Jika sudah Anda tinggal klik Setuju dan Lanjutkan.
  • Terakhir, silahkan daftarkan saja nomor HP Anda agar bisa mulai menggunakannya.
  • Selesai.

Setelah itu, Anda akan bisa menggunakan kedua WhatsApp tersebut seperti biasa. Fungsi aplikasi WhatsApp hasil clone sama dengan versi originalnya.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP yang bisa Anda gunakan. Cara yang sudah dibahas di atas sebaiknya Anda pilih mana yang paling mudah untuk Anda ikuti. Tentunya dengan penggunaan dua WhatsApp dalam 1 HP lebih memudahkan setiap pengguna untuk mengatur WhatsApp yang digunakan secara pribadi dan WhatsApp yang digunakan khusus untuk keperluan bisnis.